UMKM: Hobi yang Justru Bisa Menghasilkan Cuan

Kantin-Bukit-Cempaka
Kantin Bukit Cempaka. (foto: dok. Istimewa)

WONOGIRI – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008.

Kantin Bukit Cempaka adalah salah satu UMKM yang berada di sekitar wisata Bukit Cempaka. Lokasinya berada di dekat Jalur Lintas Selatan Pracimantoro Sadeng, Wonogiri.

Usaha kantin yang dimiliki Dewi tersebut telah berdiri sejak pertengahan 2019 hingga saat ini. Kantin Bukit Cempaka menyediakan beraneka jajanan dan minuman.

Baca juga:   Kunci Sukses UMKM dengan Ternak Burung Kenari

Kantin Bukit Cempaka berawal dari hobi Dewi yang suka memasak kemudian mencoba membuat makanan lalu dijual, ternyata justru bisa menghasilkan cuan alias uang.

Usaha Kantin Bukit Cempaka ini sedianya buka setiap hari dari jam 09.00-21.00. Namun karena adanya pandemi Covid-19, kantin ini hanya beroperasi sampai sore.

Tentunya, situasi pandemi sangat berdampak bagi usaha yang di miliki Dewi, lantaran pembelinya menjadi berkurang. Meski demikian, Dewi masih bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usahanya.

Baca juga:   Mahasiswi UMB Lakukan Pendampingan Strategi Promosi di Media Sosial pada UMKM Lokal

Dewi berharap kedepannya bisa membuka cabang dan memiliki karyawan. Dia pun bersemangat untuk mewujudkan hal itu. Dewi berpesan agar kita selalu menggali potensi diri, menyalurkan bakat yang dimiliki, dan selalu sabar dalam hal apapun.

Tamara Kusuma Riski
Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar