Bingung Mencari Mentor Belajar Bisnis yang Tepat, Ini Tipsnya!

Mentor-Belajar-Bisnis

harianpijar.com – Membangun sebuah bisnis atau usaha dari nol hingga berhasil sukses tidaklah mudah. Karena itu, memiliki mentor belajar bisnis saat akan memulai usaha adalah hal yang cukup penting.

Seorang pebisnis harus mempelajari dan menguasai teknik berbisnis, mulai dari penjualan, pemasaran, hingga pengembangan usaha. Layaknya seorang murid sekolah yang dibimbing oleh guru, terkadang kita pun membutuhkan bantuan dari orang lain. Bantuan tersebut bisa kita dapatkan dari sosok mentor.

Selain berperan untuk membantu mengembangkan usaha, sosok mentor yang tepat juga dapat membantu mewujudkan keinginan pebisnis dalam mencapai target usahanya. Untuk itu, mencari dan memilih mentor tidak boleh asal karena akan sangat berpengaruh dalam perkembangan usaha.

Lalu, bagaimana cara mencari mentor belajar bisnis yang tepat? Simak tipsnya di bawah ini.

Hubungi teman atau kerabat

Tips pertama, carilah di lingkungan sekitar kita terlebih dahulu. Coba perhatikan lagi, mungkin saja ada orang terdekat yang telah menggeluti dunia bisnis. Entah itu teman atau saudara, siapa tahu, dia akan senang hati untuk menjadi mentor bisnis Anda.

Ikuti berbagai event

Mengikuti suatu event atau acara menawarkan banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk menemukan mentor. Anda dapat memperluas networking dengan pihak-pihak yang datang ke event tersebut. Tak harus event tentang kewirausahaan, event-event lainnya juga dapat dimanfaatkan untuk menambah network Anda.

Baca juga:   Menjadi Entrepreneur Sukses dengan Growth Mindset

Jadi anggota komunitas entrepreneur

Di masa-masa sekarang ini banyak komunitas entrepreneur atau kewirausahaan yang dapat diikuti. Tentu itu menjadi hal yang sangat bagus, karena kita dapat bertemu banyak orang yang menekuni dunia bisnis. Anda pun akan semakin mudah menjalin networking.

Bahkan, tak hanya komunitas dengan sistem tatap muka saja yang bisa kita ikuti. Banyak juga komunitas pada berbagai platform online, seperti grup atau page media sosial tertentu.

Cari lewat media sosial

Selain berinteraksi untuk menjalin pertemanan, media sosial juga dapat menjadi tempat untuk mencari mentor. Beberapa platform media sosial cocok digunakan untuk menjalin koneksi dengan para profesional, misalnya LinkedIn dan Twitter.

LinkedIn adalah media sosial yang diperuntukkan untuk menjalin koneksi profesional dengan berbagai pihak, sedangkan Twitter adalah wadah untuk bertukar pikiran akan berbagai informasi dan topik.

Meski media sosial nampak santai, Anda perlu bersikap sopan dan menjaga etika. Tentunya tidak pantas jika Anda langsung meminta seseorang untuk menjadi mentor, tanpa basa-basi sama sekali. Perkenalkan diri dan jalinlah interaksi dengan beberapa kandidat yang potensial.

Baca juga:   Menjadi Entrepreneur Sukses dengan Growth Mindset

Kunjungi lembaga inkubator bisnis

Tips lain yang tak kalah tepat untuk mencari mentor adalah dengan mendatangi suatu inkubator bisnis. Inkubator bisnis adalah lembaga yang bertugas untuk membina para pengusaha agar bisnisnya dapat cepat berkembang.

Inkubator bisnis menyediakan banyak bantuan, mulai dari memberikan informasi, memberikan bantuan modal, hingga menyediakan program mentoring dan pelatihan bisnis.

Banyak pihak yang membuka lembaga inkubator bisnis. Beberapa perguruan tinggi memiliki inkubator. Selain itu, pihak swasta dan lembaga pemerintah juga mendirikan inkubator bisnis.

Ikuti kegiatan volunteering

Menjadi volunteer atau relawan adalah cara tepat lainnya untuk memperluas network dan bisa juga, menemukan mentor belajar bisnis. Sebab, kegiatan volunteering kerap melibatkan orang-orang dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, karyawan, bahkan pengusaha.

Demikian beberapa tips untuk menemukan mentor belajar bisnis yang tepat. Semoga artikel di atas dapat menjadi referensi bagi Anda. Selamat berbisnis, salam sukses selalu.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA