Stafsus Mensesneg Tegaskan Semua Terkait Formula E Jadi Tanggung Jawab Pemprov DKI

Faldo-Maldini
Faldo Maldini. (foto: detik/Ari Saputra)

harianpijar.com, JAKARTA – Co-Founder Formula E Alberto Longo mengatakan bahwa venue Formula E Jakarta akan ditentukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menanggapi hal itu, staf khusus Mensesneg Faldo Maldini menegaskan semua yang terkait balap mobil listrik tersebut sepenuhnya kewenangan Pemprov DKI Jakarta.

“Menanggapi pemberitaan bahwa venue, pemilihan jalur racing dan hal-hal lain dalam penyelenggaraan Formula E akan diputuskan oleh Presiden, kami sampaikan bahwa hal-hal tersebut menjadi tanggung jawab Pemprov DKI dan panitia penyelenggara. Kami perlu tegaskan bahwa, sejak awal, inisiatif, skenario pembiayaan dan kepanitiaan penyelenggaraan Formula E menjadi domain Pemprov DKI. Oleh karena itu, semua terkait Formula E menjadi tanggung jawab Pemprov DKI. Berbagai dinamika di daerah terkait penyelenggaraan adalah sepenuhnya tanggung jawab pemangku kebijakan daerah dan penyelenggara dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait,” ujar Faldo Maldini kepada awak media, Kamis, 25 November 2021.

Baca juga:   Muzani: Gerindra Sedang Godok Nama Calon Kepala Daerah, Termasuk Gibran Jokowi

Faldo Maldini lalu mengungkap soal permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk bertemu Jokowi terkait Formula E. Anies Baswedan disarankan terlebih dahulu menyelesaikan semua permasalahan terkait Formula E.

“Memang benar, Gubernur DKI Jakarta sudah ajukan waktu untuk menghadap Presiden, dengan mengajak serta CEO Formula E. Namun, sebaiknya Pemprov DKI dan panitia penyelenggaraan memprioritaskan dulu untuk menuntaskan semua permasalahan yang dihadapi. Venue, jalur, termasuk tata kelola, harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, sesuai peraturan perundang-undangan dan kepatutan,” ucapnya.

Lebih lanjut, dikatakan Faldo Maldini, tidak semua urusan harus diajukan ke Presiden. Dirinya lantas berbicara mengenai aturan bernegara.

“Kan aneh juga, apa-apa nanti harus bertemu Presiden terlebih dulu. Kan kita punya aturan dan prosedur. Itu saja ukurannya kita bernegara. Superbike Mandalika kemaren juga tidak diawali oleh pertemuan CEO-nya dengan Presiden. Sekali lagi, kami tegaskan ini ranahnya pemerintah daerah dan penyelenggara,” kata Faldo Maldini.

Baca juga:   Pesan PKS ke Giring PSI: Hati-Hati Menuduh Orang, Nanti Berbalik

Sebelumnya, Co-Founder Formula E Alberto Longo mengatakan venue balap mobil listrik di Jakarta akan diumumkan sebelum Natal. Presiden Jokowi disebut akan menentukan venue Formula E Jakarta.

“Jadi kita akan melakukan semacam feasibilities study untuk di lima lokasi ini terlebih dahulu sebelum nanti diumumkan sebelum Natal dan mudah-mudahan sebelum Natal sudah ada keputusannya. Kita akan melanjutkan proposal kepada Presiden Republik Indonesia dan beliaulah yang akan mengambil keputusan,” kata Alberto Longo dalam jumpa pers, Rabu, 24 November 2021. (ilfan/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini