Beberkan Bukti Bantu Korban Banjir Sintang, PDIP: Fadli Zon ke Mana?

PDIP-bantu-banjir-Sintang
PDIP memberikan bantuan kepada warga Sitang. (foto: dok. Istimewa)

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengungkap bukti bahwa kader dan menterinya turun ke Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, untuk membantu warga yang terdampak banjir.

PDIP pun lantas bertanya balik kepada politikus Partai Gerindra, Fadli Zon, yang mempertanyakan kapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Sintang.

Seperti dilansir dari detik, berdasarkan foto dan video yang diterima dari Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, pada Sabtu, 13 November 2021, tampak sejumlah kader PDIP mengenakan pakaian berwarna merah membagikan paket bantuan kepada warga Sintang. Pembagian paket bantuan ini menggunakan truk dan perahu.

“Itu bukti-bukti PDIP turun ke Sintang,” ujar Hasto Kristiyanto kepada awak media.

Hasto Kristiyanto menceritakan Mensos Tri Rismaharini, atas perintah Presiden Jokowi, terjun langsung ke Sintang membagikan bantuan kepada warga. Dari video yang terima pun, tampak Mensos Risma bersama warga turun langsung di tengah banjir.

Baca juga:   Koalisi Masyarakat Sipil Akan Gugat Jokowi jika Tetap Lanjutkan Pembahasan Revisi UU KPK

“Bu Risma dan Lazarus, Ketua DPD PDIP, langsung turun saat bencana. Fadli Zon ke mana?” sebutnya.

Mensos-di-Sintang
Mensos Tri Rismaharini saat terjun ke Sintang membantu warga terdampak banjir. (foto: dok. Istimewa)

Mensos Risma mendatangi korban banjir Sintang sejak 2 November lalu. Dia bersama jajarannya disapa sejumlah warga saat meninjau banjir Sintang.

Hasto Kristiyanto memberikan pembelaan ketika Fadli Zon menyindir Jokowi kapan akan Sintang, Kalbar. Fadli Zon disebutnya hanya mampu memberikan kritik namun tanpa aksi.

“Politik itu satunya kata dan perbuatan. PDI Perjuangan sangat memahami kondisi banjir di Kalbar. Bahkan partai melalui Baguna partai sudah bergerak cepat. Bu Risma sebagai Menteri Sosial juga sudah menerima arahan langsung dari Presiden Jokowi dan langsung bergerak, turun membantu rakyat di Kalbar. Berhari-hari di Kalbar. Demikian pula Lazarus, Ketua DPD PDI Perjuangan dan sekaligus Ketua Komisi V DPR RI, sudah terjun langsung membantu rakyat. Sementara itu, Pak Fadli Zon hanya memberikan kritik tanpa perbuatan nyata,” kata Hasto Kristiyanto.

Baca juga:   Partai Gerindra: Andre Rosiade Tidak Bersalah Lakukan Penggerebekan PSK

Sebelumnya, Presiden Jokowi memang diketahui menjajal langsung Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Fadli Zon lalu menyindir Jokowi soal banjir di Kabupaten Sintang.

“Luar biasa Pak. Selamat peresmian Sirkuit Mandalika. Tinggal kapan ke Sintang, sudah 3 minggu banjir belum surut,” tulis Fadli Zon di akun Twitter-nya seperti dilihat, Sabtu, 13 November 2021.

Untuk diketahui, banjir telah merendam Sintang lebih dari dua pekan. Banjir di sana belum surut dan mengakibatkan ribuan rumah warga terendam.

Pemerintah Kabupaten Sintang telah memperpanjang masa tanggap darurat bencana banjir di wilayahnya selama 30 hari, terhitung mulai 13 Oktober hingga 16 November 2021. Tercatat ada 140 ribu lebih warga yang terdampak banjir tersebut. (ilfan/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar