MGPA Sebut Kasus ‘Unboxing’ Kargo Motor Ducati Sudah Selesai

sirkuit-mandalika
Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Jumat, 5 November 2021. (foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww)

harianpijar.com, JAKARTA – Heboh kasus unboxing ilegal motor Ducati jelang gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika. Terkait hal itu, pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan bahwa insiden tersebut sudah selesai.

Adalah media Jerman, Speedweek, yang pertama kali merilis kabar tersebut. Speedweek mendapatkan video dari korespondennya di Indonesia. Pihak Ducati mengetahui bahwa kargo motor milik pembalap pabrikan Michael Rinaldi sudah terbuka.

Terlihat seorang pria yang membuka peti kargo, lalu berpose dengan motor Ducati tersebut. Aturannya jelas, kargo yang didatangkan tidak boleh sembarangan dibuka demi mencegah spionase dan tindakan manipulasi, juga terkait dengan standar keamanan dan keselamatan pembalap.

ducati-sbk
. (foto: dok. Instagram via Speedweek)

Kepala Operasi Olahraga MGPA Dylan Dilato mengungkapkan bahwa masalah itu sudah selesai. Menurutnya, pihak Ducati sudah menerima permintaan maaf atas insiden yang dilakukan oleh oknum.

Baca juga:   Dominasi FP2, Dovizioso Anggap Fairing Baru seperti Winglets

“Pihak Ducati sudah memaafkan, sudah selesai semuanya dan tidak ada masalah lagi,” kata Dylan Dilato kepada detik, Kamis, 11 November 2021.

Dylan Dilato menjelaskan kalau motor Ducati yang akan berlaga di WSBK Mandalika tersebut dalam keadaan baik. Tidak ada bagian yang rusak atau semacamnya.

“Tidak ada bagian (motor) yang rusak atau sebagainya, kondisinya masih baik,” terang Dylan Dilato.

“Itu mereka buka dan hanya berfoto,” imbuhnya.

Selanjutnya, dikatakan Dylan Dilato, insiden seperti itu merupakan unsur ketidaksengajaan karena ketidaktahuan. Menurutnya, bisa saja euforia masyarakat menyambut WSBK Mandalika begitu besar, sehingga kurangnya edukasi kalau ada SOP khusus mengenai ajang balap level dunia.

“Jadi, ada unsur ketidaksengajaan karena ketidaktahuan,” ucapnya.

Baca juga:   Dovizioso Raih Waktu Tercepat Hari Pertama Tes di Qatar

Masalah unboxing kargo Ducati jelang WSBK Mandalika pun sudah usai. Pihak panitia dan pihak Ducati sama-sama sudah menyelesaikan masalah. Ducata juga sudah menerima permintaan maaf dan kasus ditutup.

“Ducati case closed, barang nggak rusak dan nggak hilang. Kami berharap hal seperti ini tidak terjadi lagi,” ujar Dylan Dilato.

Sebagai informasi, WSBK Mandalika seharusnya dilangsungkan 12-14 November, tapi diundur menjadi 19-21 November 2021 dan merupakan seri pamungkas dari 13 balapan musim ini.

Hal ini karena adanya pertimbangan logistik dan juga pengiriman barang. Selain itu, balapan ini diundur bukan hanya karena faktor teknis namun juga agar pelaksanaannya tidak bersamaan dengan final MotoGP yang akan berlangsung di Valencia. (sst/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar