Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Banten oleh Para Dosen PKN STAN

Dosen-Politeknik-Keuangan-Negara-STAN
. (foto: dok. pribadi)

harianpijar.com, BANTEN – Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten mengadakan pendampingan penyusunan laporan keuangan bagi UMKM pada Senin, 8 November 2021, di PLUT KUMKM Serang.

Dosen PKN STAN yang menjadi narasumber pendampingan adalah Kodirin, Hari Sugiyanto, dan Puji Wibowo. Para dosen dibantu oleh beberapa mahasiswa PKN STAN selaku asisten pendampingan. Pendampingan ini diikuti oleh 27 UMKM Provinsi Banten.

Kegiatan ini bertujuan untuk memandu pelaku UMKM untuk menginput transaksi usaha menggunakan aplikasi Lamikro. Aplikasi ini disediakan oleh Kementerian Koperasi UKM.

Aplikasi Lamikro bisa diinstal di handphone berbasis Android atau dibuka di laptop berbasis web. Aplikasi Lamikro merupakan aplikasi pencatatan transaksi usaha yang sederhana, mudah digunakan, bahkan oleh pelaku UMKM yang tidak memiliki pengetahuan dasar-dasar Akuntansi.

Baca juga:   Ini 4 Tips Membuat Laporan Keuangan yang Baik

Kegiatan pendampingan dimulai pukul 9.30 WIB dan selesai pukul 14.30 WIB. Kegiatan dibuka oleh Kasi Pengembangan UMKM Dinas Koperasi dan UKM Banten, Wendy Nurwendy.

Dalam sambutannya, Wendy Nurwendy mengatakan bahwa laporan keuangan sangat diperlukan untuk kemajuan usaha UMKM. Laporan keuangan juga menjadikan UMKM bisa mendapat pembiayaan dari bank. Pendampingan input transaksi dan penyusunan laporan keuangan dilakukan dengan metode ‘Langsung Praktik’.

Baca juga:   Ini 4 Tips Membuat Laporan Keuangan yang Baik

Narasumber mencontohkan cara input transaksi dan peserta langsung menginput transaksi usaha masing-masing. Dengan metode ini, dalam waktu yang relatif singkat, semua peserta bisa menginput transaksi usahanya masing-masing untuk bulan Oktober 2021.

Adapun laporan keuangan berupa laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan dihasilkan secara otomatis dari aplikasi Lamikro.

Pendampingan lebih lanjut akan dilakukan menggunakan media WhatsApp Grup (WAG). Semua peserta pendampingan diikutkan pada WAG pendampingan. Tiap-tiap peserta dapat menanyakan permasalahan input transaksi dan akan direspons oleh para dosen PKN STAN.

Kodirin
Dosen Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar