Peranan ATLM atau Analis Kesehatan dalam Menunjang Diagnosis Dokter

ATLM-atau-Analis-Kesehatan

harianpijar.com – Sampai saat ini di Indonesia pandemi masih belum selesai. Sudah banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Hingga kini, masih saja ada kasus yang bertambah setiap harinya. Per tanggal 8 November 2021, bertambah sebanyak 444 kasus yang menjadikan 4.248.165 kasus terkonfirmasi di Indonesia.

Dengan bertambahnya kasus Covid-19 sudah banyak dokter dan tenaga medis yang gugur dalam melaksanakan tugas sebagai garda terdepan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Dan tidak banyak orang yang tahu bahwa ada seseorang yang berperan dalam menegakkan diagnosa dari seorang dokter, yaitu Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) atau Analis Kesehatan.

Mungkin banyak yang tidak tahu tentang Analis Kesehatan ini bertugas sebagai apa dan seberapa penting perannya dalam dunia kedokteran?

Analis Kesehatan memiliki peran penting dan juga termasuk garda terdepan dalam menangani virus Covid-19 ini. Pada saat melakukan swab, sampel akan dibawa ke dalam laboratorium untuk menentukan hasil positif atau negatif dari seorang pasien dan akan diuji oleh ATLM bukan dokter atau perawat.

Mari kita mengenal lebih jauh apa itu ATLM atau Analis Kesehatan?

Analis Kesehatan adalah seorang ahli kesehatan yang bertugas di laboratorium guna untuk meneliti atau mendiagnosa suatu penyakit seorang pasien. Analis kesehatan atau sering dikenal dengan ATLM di Indonesia dalam melaksanakan tugas profesinya untuk berperan mendukung kemajuan ilmu kedokteran.

Menurut KEPMENKES RI NOMOR 370/MENKES/SK/III/200 Analis Kesehatan atau sekarang dikenal sebagai Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) adalah tenaga kesehatan dan ilmuan yang berketrampilan tinggi yang melaksanakan dan mengevaluasi prosedur laboratorium untuk menganalisis cairan dan jaringan yang ada pada tubuh manusia untuk menghasilkan sebuah informasi dlam penegakkan diagnosis dari seorang dokter.

Banyak yang mengartikan seorang ATLM atau Analis Kesehatan tugasnya hanya mengambil sampel padahal banyak tugas dari seorang ATLM atau Analis Kesehatan itu.

Profil atau peran lulusan Pendidikan Diploma III Analis Kesehatan mengacu pada Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 370/Menkes/SK/III/2007. Tugas Utama Analis Kesehatan Indonesia adalah menjalankan pelayanan laboratorium kesehatan. Dan Analis Kesehatan mempunyai tugas lainnya, antara lain:

1. Tugas ATLM melakukan medikal cek up pada pasien
2. Bekerja sama dengan apoteker dan perawat
3. Mengoperasikan dan memilihara peralatan laboratorium
4. Sebagai petugas untuk melakukan pemeriksaan cairan dan jaringan di laboratorium
5. Bekerja untuk menegakkan diagnosa dari seorang dokter

Dan masih banyak lagi tugas dari seoarang ATLM atau Analis Kesehatan ini. Diagnosa seorang dokter sangat dipengaruhi oleh sampel yang diteliti oleh seorang Analis Kesehatan.

Jika terjadi kesalahan dalam meneliti sampel maka yang akan disalahkan adalah Analis Kesehatan. Dan seorang analis juga harus melakukan pemeriksaan sesuai Standart Prosedur Operasional (SOP) yang dipakai dalam laboratorium.

Nah, dengan ini bahwa Analis Kesehatan sebagai contoh profesi yang menunjang dalam dunia kedokteran. Tugas yang sangat besar bagi seorang Analis Kesehatan dalam melakukan pemeriksaan dari data pasien, sampel hingga hasil dilakukan dengan teliti dan benar.

Selain itu, peluang dari ATLM atau Analis Kesehatan ini dalam pekerjaan berkembang pesat peminatnya apalagi dikala pandemi saat ini. Banyak rumah sakit yang kekurangan sehingga memerlukan banyak seorang Analis Kesehatan.

Bagaimana semakin tertarik kan dengan Analis Kesehatan? Dan semoga kita bisa melakukan yang terbaik dalam bidang kesehatan di Indonesia agar lebih maju ke depannya.

Apriyanah Fadilah
Mahasiswa Universitas Binawan

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar