Membentuk Jiwa Kepemimpinan Melalui Kegiatan PKMM-TJ

PKMM-TJ-Unnes
. (foto: dok pribadi)

harianpijar.com, SEMARANG – Mengusung tema ‘Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berintegritas, Soliditas dan Berkualitas’ Himpunan Mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Jurusan (PKMM-TJ) secara online melalui ZOOM.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan secara online tersebut menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Putry Rahyuni selaku Menteri Kolaborasi Mahasiswa BEM UNS 2019 sebagai narasumber pertama dan Prily Gracia Elisabet Soetiman selaku Co-Founder & Co-President of @malesosan.id sebagai narasumber kedua.

Ketua Panitia, Bagas Nur Afni, mengatakan tujuan diselenggarakannya PKMM-TJ tersebut adalah untuk memotivasi, memberikan pengalaman dan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kepemimpinan dan manajemen khususnya dalam lingkup mahasiswa.

“Memberikan motivasi, pengalaman, dan ilmu pengetahuan terkait kepemimpinan serta manajemen yang penting sekali bagi mahasiswa,” kata Bagas Nur Afni, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Baca juga:   Surutnya Orderan Ukiran Jepara Selama Pandemi

Hadir juga Pembina Himpunan Mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Basuki Sulistio, yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara pelatihan tersebut.

Basuki Sulistio berharap kegiatan pelatihan itu dapat menjadi bekal bagi para peserta yang akan bermanfaat sampai akhir hayat mereka.

“Dapat dijadikan bekal, di mana bekal itu nanti akan dibawa para peserta sampai akhir hayat,” harapnya.

Putry Rahyuni, yang bertindak sebagai narasumber pertama, menyampaikan materi terkait Problem Solving dan Manajemen Organisasi. Dirinya berpesan kepada para peserta untuk explore diri sendiri dengan tetap aktif mencari masalah, mengikuti kegiatan organisasi dan volunteer.

“Selagi masih menjadi mahasiswa aktiflah mencari masalah, aktiflah mengikuti berbagai organisasi dan kegiatan volunteer. Cobalah untuk explore diri sendiri,” ujar Putry Rahyuni.

Baca juga:   Pengabdian di Masa Pandemi: BEM FIP UNNES Selenggarakan Kegiatan Tutor FIP Mengajar

Sementara itu, Prily Gracia Elisabet Soetiman, sebagai narasumber kedua, membawakan materi terkait Public Speaking and Personal Branding. Dirinya memberikan closing statement untuk tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan tidak perlu merasa minder atau takut dengan orang lain.

You are the only character of your life. Kamu ngga perlu membandingkan diri kamu sendiri dengan orang lain, ngga perlu minder atau takut dengan orang lain,” ucapnya.

Acara yang diikuti lebih dari 100 peserta dari Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNNES dan mahasiswa umum lainnya tersebut terlaksana dengan baik dengan para peserta yang antusias bertanya terkait dengan materi yang disampaikan oleh dua narasumber yang hadir.

Andre Eka Fajari
Mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Semarang (UNNES)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar