Presiden Jokowi: Saya Menyadari Begitu Banyak Kritikan kepada Pemerintah

Presiden-Joko-Widodo-Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto: Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)

harianpijar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak menampik bahwa banyak kritik yang disampaikan masyarakat kepada pemerintah. Dirinya pun berjanji akan menjawab kritik itu dengan pemenuhan tanggung jawab.

“Saya juga menyadari begitu banyak kritikan kepada pemerintah, terutama terhadap hal-hal yang belum bisa kita selesaikan. Kritik yang membangun itu sangat penting dan pemerintah akan menjawab dengan pemenuhan tanggung jawab agar membuahkan hasil yang diharapkan untuk kepentingan rakyat,” ujar Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam Kongres IJTI seperti disiarkan di YouTube IJTI, Jumat, 29 Oktober 2021.

Baca juga:   Said Aqil Setuju Jokowi Pilih Jaksa Agung dari Nonparpol

Jokowi juga menegaskan komitmennya untuk mendukung kemerdekaan pers. Sebab, kata dia, kritik yang membangun itu penting bagi pemerintah.

“Pemerintah akan terus memegang teguh komitmen untuk menjaga kemerdekaan pers, membuka ruang bagi insan pers untuk menyuarakan kepentingan publik, terbuka atas sikap kritis dan solutif mengawal berbagai kebijakan pemerintah,” ucapnya.

Selanjutnya, Jokowi berbicara mengenai pers hari ini yang harus mampu beradaptasi dengan cepat dan mengejar ketertinggalan. Pers juga diharapkan lebih inovatif dalam menghadapi disrupsi teknologi.

Baca juga:   Politisi Golkar: Masa Jabatan Presiden Menarik Dibahas, Tapi Tidak Mendesak

“Kehadiran berbagai platform media baru harus memacu para jurnalis lebih kreatif dan produktif, terus memperkuat value-nya sebagai penyebar informasi yang kredibel, meningkatkan kecermatan menjaga independensi dan objektivitas,” kata Jokowi.

“Kehadiran platform media baru juga harus mendukung transformasi kemajuan bangsa. Bukan semata-mata dimotivasi untuk menumpuk jumlah viewer, menumpuk jumlah subscriber, menumpuk jumlah like, ataupun sekadar clickbait, tetapi seharusnya bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat bangsa dan kemanusiaan,” imbuhnya. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar