Makna Hari Sumpah Pemuda bagi Pemuda-Pemudi Indonesia

Sumpah-Pemuda

harianpijar.com, MAKASSAR – Sumpah Pemuda menjadi salah satu sejarah di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Sumpah Pemuda menjadi ajang bagi seluruh pemuda-pemudi untuk berlomba-lomba mengobarkan rasa semangat mereka untuk para pahlawan bangsa ini.

Nah, di hari Sumpah Pemuda ini tentu saja pemuda-pemudi menjadi objek sasaran utamanya karena mereka adalah penentu bangsa kedepan. Mahasiswa dari kalangan kampus yang ada di Makassar pun ikut memaknai hari Sumpah Pemuda ini.

“Saya memaknai hari Sumpah Pemuda dengan cara lebih mempelajari budaya yang ada di Indonesia, menyebarkan hal-hal positif bagi orang sekitar agar dapat menjadi masyarakat yang rukun,” ujar Christie, mahasiswa STIA LAN Makassar, Kamis, 28 Oktober 2021.

Baca juga:   Peringati Hari Sumpah Pemuda, Anies: Kunci Kuatkan Persatuan adalah Hadirkan Rasa Keadilan

“Sesuai dengan isinya. Bangga dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Bangga dengan budaya-budaya Indonesia dan tidak mudah membanding-bandingkanya dengan budaya negara lain. Bangga menjadi bangsa Indonesia,dengan membela Tanah Air,” kata Nira, Mahasiswa UMI Makassar.

Selain itu, Nira juga memiliki doanya untuk Indonesia. “Semoga saya bisa memajukan Indonesia dengan menjadi pemuda Indonesia yang cerdas dan beradab,” ucapnya.

Baca juga:   Sumpah Pemuda, Presiden: Ditangan Pemuda Indonesia Akan Maju

Sementara itu, melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden RI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

“Pemuda adalah para pemberani untuk mengambil risiko dan merebut peluang-peluang. Pemuda menjadi yang terdepan dalam menemukan cara-cara baru yang inovatif. Pemuda adalah pemimpin-pemimpin perubahan, pemimpin di era digital,” kata Jokowi dalam sambutanya pada puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, Kamis, 28 Oktober 2021.

Risnawati Rahim
Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar