Program Rumah Singgah untuk Memberdayakan Pendidikan Anak-Anak

Rumah-Singgah-UIN-Alauddin-Makassar
. (foto: dok pribadi)

harianpijar.com, MAKASSAR – Mahasiswa dan Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar program Rumah Singgah di Lorong 10, Lette , Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu, 24 Oktober 2021.

Adanya kegiatan Rumah Singgah ini merupakan inisiatif sendiri yang dilaksanakan atas adanya rasa prihatin dengan lingkungan termasuk kepada anak-anak yang sudah putus sekolah dan anak-anak yang tertinggal pelajaran. Dengan adanya Rumah Singgah ini diharapakan semua anak-anak mendapatkan pengetahuan di luar sekolah.

Hampir dua bulan kegiatan ini berjalan, kegiatan Rumah Singgah menuai respons yang positif dari para orang tua anak-anak. Karena, dengan adanya Rumah Singgah ini dapat meringankan para orang tua, terutama di kondisi pendemi sekarang ini berhubung belum digelarnya kegiatan tatap muka di sekolah.

Baca juga:   Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Nilai Persyaratan Kuliah Tatap Muka Terlalu Ribet

Jumlah anak-anak yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih hampir 30 orang, pelajaran-pelajaran yang diberikan kepada para anak yang pertama fokus terhadap agama kemudian kepada mata pelajaran umum.

Kegiatan yang dilaksanakan ini sangat memberikan banyak manfaat serta bantuan kepada generasi bangsa. Dari kegiatan ini tentunya banyak harapan yang ingin dicapai ke depan.

Baca juga:   HMJ Ilmu Politik UINAM Sukses Gelar Inagurasi

“Kedepannya mungkin, kalau teman-teman konsisten kita lebih terstruktur lagi kemudian ada perencanaan-perencanaa ke depan,” kata Dosen UIN Alauddin Makassar Handayani Hasan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu untuk memberdayakan pendidikan anak-anak terutama kepada anak-anak yang terbatas dalam hal pendidikan agar tidak terjadi learning loss (kehilangan pengalaman belajar).

Nur Fadillah
Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini