Pentingnya Konsumsi Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh, Ini 5 Jenisnya

Vitamin-untuk-Daya-Tahan-Tubuh

harianpijar.com – Di masa pandemi seperti saat ini, kita dituntut untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus Corona atau yang lainnya. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi vitamin. Informasi mengenai vitamin untuk daya tahan tubuh selengkapnya, bisa Anda lihat di bawah ini:

Pentingnya konsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh

Pertama, kita akan membahas soal pentingnya mengonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh. Ya, vitamin penting sekali untuk menjaga dan meningkatkan sistem pertahanan diri manusia terhadap mikroorganisme berbahaya. Dengan seperti ini, walaupun virus atau patogen lain yang masuk ke dalam tubuh akan dibunuh secara otomatis oleh sel di dalam tubuh. Sehingga Anda tak mudah sakit.

Jenis vitamin untuk daya tahan tubuh

Setelah membahas mengenai pentingnya vitamin untuk daya tahan tubuh, kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis vitamin yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu:

1. Vitamin A

Vitamin A merupakan jenis vitamin yang sering dikaitkan dengan kesehatan mata. Ternyata tak hanya itu saja, vitamin A memiliki kemampuan lebih, yakni untuk menjaga dan ikut mendorong meningkatkan sistem imunitas tubuh manusia.

Vitamin A sendiri memiliki peran dalam membantu pembentukan sel darah putih. Perlu diketahui bahwa sel darah putih itu merupakan sel yang tugasnya melawan berbagai infeksi baik virus, kuman, bakteri, dan lainnya.

Ya walaupun tak langsung, tetapi vitamin A berperan sangat hebat bukan? Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi beberapa sayur dan buah seperti brokoli, hati ayam, wortel, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika tidak cukup, Anda bisa membeli suplemen vitamin A.

2. Vitamin B

Vitamin B juga tak kalah terlibat untuk memberikan daya tahan tubuh yang kuat dalam melawan infeksi. Ya, jenis vitamin yang satu ini ternyata memiliki dampak langsung terhadap pembentukan energi yang baik sehingga mendukung kinerja tubuh.

Semua anggota tubuh kita itu memerlukan energi untuk bekerja. Jantung memompa darah membutuhkan energi, lambung mencerna makanan dengan energi. Jika energi kurang maka sistem imunitas tubuh pun juga akan berkurang.

Karena itu, konsumsi makanan yang bervitamin B agar sistem kekebalan tubuh bisa berjalan lancar. Ada beberapa rekomendasi makanan dengan kandungan vitamin B yang banyak seperti kacang-kacangan, susu, ikan, daging, dan lain sebagainya.

3. Vitamin C

Jika mendengar vitamin C pastinya Anda sudah langsung tahu bahwa ini bisa meningkatkan imunitas secara langsung. Ya, vitamin yang satu ini bisa meningkatkan kadar antibodi itu sendiri. Oleh karena itu, Anda bisa terlindungi dari berbagai infeksi yang menakutkan seperti infeksi virus Corona.

Vitamin C juga memiliki antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa menangkal radikal bebas. Dampaknya, kekebalan tubuh menjadi sangat kuat sehingga jika ada virus masuk bisa langsung terbunuh oleh sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan vitamin C tentunya sangat mudah. Anda bisa mengonsumsi jeruk, apel, jambu air, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membeli suplemen vitamin C.

4. Vitamin D

Dikenal dengan vitamin yang membuat tulang menjadi kuat, ternyata vitamin D juga berperan secara aktif melawan zat patogen. Oleh karena itu, berbagai infeksi yang seharusnya terjadi bisa tidak terjadi.

Vitamin D juga menjadi salah satu vitamin yang harus dipenuhi di masa pandemi Covid-19 seperti ini karena mampu mengurangi terjadinya infeksi pada organ pernafasan. Vitamin ini juga masuk ke dalam daftar vitamin yang diberikan pada penderita Covid-19.

Untuk mendapatkan vitamin D, Anda bisa mengonsumsi susu, keju, telur, dan lain sebagainya. Di dalam tubuh juga sudah terbentuk pro vitamin D, untuk menjadikannya vitamin D, Anda bisa berjemur pada pagi hari sekitar pukul 7 hingga 9.

5. Vitamin E

Jenis vitamin yang satu ini ternyata juga bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin E tak jauh berbeda dengan vitamin C, di mana mengandung antioksidan yang tinggi juga. Antioksidannya mampu menangkal radikal bebas dari luar tubuh.

Tak hanya itu saja, vitamin E juga bisa mencegah terjadinya infeksi seperti vitamin D. Karena itu, Anda bisa terhindar dari berbagai infeksi bahkan infeksi virus Corona jika telah memenuhi kebutuhan vitamin E ini.

Untuk mendapatkannya Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, pepaya, kacang almond, alpukat, bayam, dan masih banyak lagi lainnya. Anda juga bisa mendapatkan vitamin E dari suplemen makanan yang tersedia di apotek.

Demikian beberapa penjelasan mengenai vitamin untuk daya tahan tubuh yang bisa Anda siapkan di rumah. Banyak cara untuk mendapatkan vitamin tersebut, mulai dari sayur, buah, hingga suplemen. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat agar vitamin bisa bekerja lebih maksimal.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA