Tak Hanya Jaga Imun Tubuh, Ini Manfaat Pola Hidup Sehat Lainnya

manfaat-pola-hidup-sehat

harianpijar.com – Hidup sehat kini gencar dilakukan oleh banyak orang, dari yang awalnya hanya iseng atau sekadar coba-coba, berubah menjadi sebuah rutinitas. Manfaat pola hidup sehat tentunya sangat baik bagi fisik dan mental.

Bahkan beberapa orang mulai menyadari pentingnya kesehatan dengan berkonsultasi ke dokter sehingga dapat menjalankan pola hidup sehat secara konsisten.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat dari menerapkan pola hidup sehat? Simak lebih lanjut di bawah ini.

1. Jaga imun tubuh

Pola hidup sehat yang dibangun secara konsisten dan tepat dapat membantu tubuh terlindung dari segala jenis penyakit. Contohnya seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Asupan makanan menjadi satu di antara faktor yang bisa meningkatkan metabolisme berjalan lebih maksimal. Ini tentu dapat memicu semua organ tubuh bisa berjalan dengan lebih maksimal.

Jika rutin dilakukan, maka tubuh akan lebih sehat dan benar-benar terbebas dari beragam penyakit-penyakit kronis.

2. Pacu energi dan semangat baru

Pola makanan yang teratur, seimbang dan bergizi tentu dapat membantu peningkatan produksi energi di dalam tubuh. Coba lakukan pola hidup sehat dengan diet sehat diimbangi dengan olahraga serta istirahat cukup.

Jika rutin dilakukan, maka tubuh akan terlatih dan terbiasa untuk berusaha menjalani hidup sehat. Hal ini membantu memaksimalkan proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh, sehingga bekerja lebih optimal.

Tubuh pun akan memiliki pasokan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Energi yang dihasilkan oleh tubuh dapat memberikan semangat baru.

Selain itu, menerapkan pola hidup sehat juga membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

3. Perpanjang usia

Manfaat selanjutnya dari menerapkan pola hidup sehat yakni dapat memperpanjang angka harapan hidup.

Sebuah studi yang dilakukan American Council berhasil membuktikan bahwa orang yang rutin melakukan jalan kaki setiap 30 menit dapat memperpanjang kesempatan mereka untuk hidup lebih lama. Studi ini sempat dilakukan dan melibatkan 13.000 orang.

Meski demikian, hal itu perlu diimbangi dengan kebiasaan makan yang sehat, olahraga dan istirahat yang cukup. Sehingga proses regenerasi dan metabolisme sel menjadi lebih optimal.

Tubuh akan lebih sehat dan tak mudah jatuh sakit.

4. Jaga berat badan ideal

Menerapkan pola hidup sehat bisa menjadi solusi bagi yang memiliki masalah berat badan berlebih atau obesitas. Selain menyehatkan, memiliki berat badan ideal penting untuk menunjang penampilan.

Memiliki berat badan ideal biasanya tidak mudah terserang penyakit dibandingkan dengan yang mengalami obesitas. Sama seperti seseorang yang mengalami obesitas, kekurangan berat badan juga rentan terhadap penyakit.

Keinginan untuk menjaga berat badan bisa dikontrol melalui makanan. Hindari asupan lemak, kolesterol dan gula secara berlebihan.

Selain itu, kelancaran metabolisme tubuh dengan olahraga teratur dan tidur cukup bisa membuat penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal.

5. Baik untuk kesehatan mental

Selain memilki banyak manfaat untuk fisik, manfaat hidup sehat juga baik untuk kesehatan mental. Pasalnya, menerapkan pola hidup sehat mampu memperbaiki suasana hati seseorang sehingga terhindar dari depresi.

Coba terapkan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk kesehatan fisik dan mental. Selain itu, rutin berolahraga juga baik dalam meningkatkan mood.

Saat berolahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang bisa memicu perasaan senang dan bahagia.

Itulah 5 manfaat yang bisa didapat ketika menerapkan pola hidup sehat. Namun harus diingat bahwa semuanya perlu dilakukan secara konsisten agar mendapatkan banyak manfaat positif.

Semoga manfaat pola hidup sehat di atas bisa membuat kita semakin termovitasi, salam.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA