Dihukum Yamaha, Vinales Dipastikan Absen di MotoGP Austria 2021

Maverick-Vinales
Maverick Vinales. (foto: dok. motorsport)

harianpijar.com, SPIELBERG – Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, dipastikan tidak akan mengikuti balapan di MotoGP Austria 2021 lantaran mendapat hukuman dari timnya. Pasalnya, pembalap asal Spanyol itu mengutak-atik motornya di balapan pekan lalu.

Maverick Vinales sebenarnya mengawali balapan MotoGP Styria di Red Bull Ring Circuit pekan lalu dengan baik. Dirinya sempat berada di barisan depan sebelum menurun drastis setelah start ulang.

Saat itu Maverick Vinales harus memulai balapan lagi dari pit karena motornya bermasalah saat warm up. Ketika balapan berakhir rekan satu tim Fabio Quartararo itu finish posisi terbawah dan gagal mendapatkan poin.

Baca juga:   Rossi: Vinales Calon Kuat Merebut Gelar Juara MotoGP 2017

Setelah itu, tim Yamaha melakukan investigasi internal dan diketahui kalau Maverick Vinales ternyata mengutak-atik setingan motor YZR-M1 miliknya. Aksi Maverick Vinales itu dinilai ilegal oleh Yamaha sehingga membuat mesin motor menjadi rusak.

Alhasil, Maverick Vinales dijatuhi hukuman oleh tim Yamaha yakni harus absen dari balapan MotoGP Austria 2021, Minggu, 15 Agustus 2021.

“Yamaha mengumumkan pembalap Yamaha Monster Energy Maverick Vinales tidak akan membalap di MotoGP Austria akhir pekan ini,” kata pernyataan resmi Yamaha.

Baca juga:   Kualifikasi MotoGP Amerika: Marquez Pole, Vinales Kedua dan Rossi Ketiga

“Absennya sang pembalap dikarenakan skorsing yang dijatuhkan tim Yamaha, karena ada aksi tidak wajar yang dilakukan di motornya pada MotoGP Styria lalu.”

“Keputusan ini diambil Yamaha setelah hasil analisis telemetri dan data yang dilakukan dalam beberapa hari terakhir.”

“Yamaha menyimpulkan bahwa aksi yang dilakukan pembalap membuat motor YZR-M1 rusak berat dan dapat menimbulkan risiko serius kepada pembalap sendiri, serta pembalap lainnya di MotoGP.”

Meski demikian, Yamaha memutuskan untuk tidak mengganti posisi Maverick Vinales dengan pembalap lain di balapan MotoGP Austria. (fwc/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar