Begini Kata PKS Soal Legislator dari PDIP Kritik Jokowi dan Luhut

Mardani-Ali-Sera
Mardani Ali Sera. (foto: AKURAT/Sopian)

harianpijar.com, JAKARTA – Dua legislator dari PDIP memberikan kritik kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan terkait penanganan Corona. Partai oposisi pemerintah, PKS, mengaku bahagia dengan kritik tersebut.

“Bagus. DPR punya fungsi kontrol. Dan apa yang disampaikan kawan-kawan PDIP ada dasarnya. Anggap saja masukan dari legislatif ke eksekutif,” ujar Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada awak media, Selasa, 3 Juli 2021.

Adapun dua legislator PDIP yang mengkritik Jokowi dan Luhut Binsar Panjaitan adalah Effendi Simbolon dan Masinton Pasaribu. Effendi Simbolon anggota Komisi I DPR RI dan Masinton Pasaribu anggota Komisi VI DPR RI, keduanya sama-sama berasal dari dapil DKI Jakarta.

Baca juga:   Prediksi Masuk Koalisi Jokowi, Pengamat: Demokrat Akan Pilih AHY Jadi Menteri

PKS mengaku senang atas kritik kedua legislator PDIP itu karena dinilai menyehatkan demokrasi di Indonesia. Karena itu, PKS bahagia dengan adanya kritik dari kader PDIP.

“PKS senang, kian banyak yang bersikap kritis kepada pemerintah justru menyehatkan demokrasi kita. Menjaga pemerintah tidak bisa sendirian. Jadi PKS bahagia dengan kritik kawan-kawan PDIP,” kata Mardani Ali Sera.

Meski demikian, Mardani Ali Sera tak ingin berkomentar lebih jauh antara kritik wakil rakyat dari PDIP dan dukungan ke pemerintah. Dirinya berprasangka baik bahwa kritik itu untuk mengawasi pemerintah.

“Saya husnuzan, sangka baik, dalam fungsi pengawasan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto menghormati kritik dua anggota fraksinya terhadap Presiden Jokowi dan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. Menurutnya, selama kritik tersebut tak melampaui batas, PDIP mengizinkan kadernya mengkritik pemerintah.

Baca juga:   Pengamat: Presiden Dinilai Miliki Banyak Pilihan Perbaiki Kekacauan Legislasi

“Yang nggak boleh di PDI Perjuangan itu berkhianat, kalau pendapat masih boleh. Kalau pendapatnya melewati garis batas atau main bolanya offside, tentu kita tegur. Kan ini pendapat, pemikiran, masih wajar,” ujar Utut Adianto.

Sebelumnya, Effendi Simbolon menyalahkan Presiden Jokowi yang dinilainya tidak mau menerapkan lockdown sejak awal pandemi Covid-19. Sementara Masinton Pasaribu mengkritik Luhut Binsar Panjaitan yang kerap menyepelekan pandemi Covid-19 dan terlalu reaksioner terhadap kritik. (ilfan/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini