Ampuh! Ini 5 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Perawatan-Rambut-Rontok

harianpijar.com – Sebagian orang sudah menggunakan berbagai cara untuk merawat rambut rontok namun tetap tidak membuahkan hasil. Tapi jangan khawatir, mungkin Anda belum mencoba perawatan rambut rontok dengan bahan alami yang akan diungkap di bawah ini.

Cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan alami sudah digunakan sejak berabad-abad lalu, dan terbukti ampuh. Tak hanya itu, 5 bahan alami ini bisa mengurangi kerontokan rambut sekaligus menutrisi akar rambut.

Bahan-bahan alami ini sangat mudah ditemukan dan harganya pun sangat terjangkau. Berikut cara perawatan rambut rontok dengan bahan alami:

1. Lidah Buaya

Dari zaman dahulu lidah buaya selalu dipercaya punya banyak manfaat yang baik untuk rambut. Selain dapat membuat rambut lebih kuat, lidah buaya juga dipercaya membantu cara merawat rambut rontok.

Brazilian Journal of Microbiology mengungkapkan lidah buaya membantu meningkatkan sirkulasi darah. Lidah buaya yang dioleskan pada kulit kepala memberikan efek menurunnya kerontokan rambut dan rambut patah.

Setiap sebelum keramas, cobalah mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala dan diamkan selama 15-20 menit. Cara ini sangat ampuh mencegah kerontokan dan membuat anak rambut tumbuh.

2. Bawang dan Madu

Cara merawat rambut rontok yang kedua adalah dengan menggunakan bawang. Bawang yang memiliki kandungan sulfur tinggi ternyata efektif mengurangi kerontokan rambut.

Caranya mudah, cukup campurkan air perasan bawang dan satu sendok makan madu. Oleskan di kulit kepala dan diamkan selama dua jam lalu dibilas.

Lakukan dengan rutin, niscaya rambut akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

3. Santan

Kelapa sendiri memang banyak dimanfaatkan untuk berbagai perawatan kecantikan. Namun sebenarnya bukan hanya minyak kelapa saja, santan kelapa juga bisa dijadikan untuk merawat rambut rontok.

Kandungan protein pada santan ternyata efektif merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Sebelum keramas, coba gunakan santan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 20 menit lalu keramas seperti biasa.

Rambut akan terasa lebih halus dan bersinar setelah melakukan perawatan sederhana menggunakan santan.

4. Alpukat

Cara perawatan rambut rontok selanjutnya adalah dengan buah alpukat. Kalau buah yang satu ini pasti sudah biasa dijadikan masker rambut.

Alpukat yang banyak mengandung protein alami ini memang bagus untuk rambut dan kulit kepala.

Caranya tinggal hancurkan saja alpukat sampai kental. Jika Anda membuat sendiri masker alpukat di rumah, ada kegunaan lain yang bisa dilakukan, yakni sebagai masker wajah juga.

5. Jambu Biji

Tahukah Anda, jambu biji selain enak dan kaya vitamin C, ternyata juga bisa menjadi cara merawat rambut rontok yang ampuh.

Buah yang banyak mengandung vitamin B3, B5 dan B6 ini mampu memperbaiki rambut rusak, membersihkan kulit kepala, dan menghentikan rambut rontok.

Anda bisa membuat masker rambut dari buah jambu biji dengan cara yang mudah. Caranya, hancurkan buah jambu biji sampai menjadi bubur lembut dan tambahkan satu putih telur.

Aduk kedua bahan ini sampai rata lalu langsung aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan 40 menit, kemudian pijat kulit kepala secara perlahan dan bilas bersih menggunakan shampoo.

Gunakan kondisioner

Sebelum mencoba cara perawatan rambut rontok dengan bahan-bahan alami di atas, ada baiknya mulailah memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut dan kulit kepala dengan menggunakan produk perawatan rambut yang menutrisi.

Shampoo dan kondisioner dengan kandungan menutrisi yang bisa Anda jadikan pilihan adalah TRESemmé Total Salon Repair Shampoo and Conditioner.

TRESemmé Total Salon Repair Shampoo and Conditioner mampu merawat kerusakan rambut dan efektif membantu mengurangi rambut rontok sejak pertama kali digunakan. Lembut dan ringan untuk pemakaian sehari-hari, produk ini membantu memperkuat rambut dan mencegah kerontokan. Bekerja dari pertama kali keramas, sehingga rambut menjadi lebih kuat dan lebih mudah diatur.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA