Moeldoko: Kita Tahu Ivermectin Sebenarnya Obat Cacing, Efektif Sembuhkan COVID-19

Moeldoko
Ketua Umum HKTI Moeldoko. (foto: dok detik)

harianpijar.com, JAKARTA – Ketua Umum HKTI Moeldoko mengakui bahwa Ivermectin merupakan obat cacing. Meski begitu, dirinya mengatakan obat tersebut terbukti manjur dalam penyembuhan COVID-19 di berbagai negara.

“Saya selaku ketua HKTI, sungguh sangat mendukung program edukasi hari ini, untuk mengenalkan lebih dekat atau berkenalan lebih dekat tentang Ivermectin sebagai salah satu obat yang telah terbukti efektif di dalam penyembuhan COVID-19 di berbagai negara. Walaupun kita tahu semuanya Ivermectin digunakan untuk obat cacing,” ujar Moeldoko dalam sebuah webinar, Senin, 28 Juni 2021.

Moeldoko lalu berbicara perihal situasi krisis di masa pandemi. Menurutnya, perlu ada pemikiran kritis untuk menghasilkan sebuah solusi.

“Penyebaran di mana-mana, warna merah di mana-mana. Berikutnya, BOR semakin meningkat penggunaannya. Ketersediaan BOR semakin sempit, semakin sedikit. Berikutnya varian atau mutasi baru, kita paham bersama berbagai mutasi baru COVID-19 berada di mana-mana. Berikutnya vaksin belum semua dari kita mendapatkan vaksin. Dihadapkan dengan perkembangan COVID seperti itu, kami menilainya ini adalah situasi yang kritis, bukan situasi yang normal, maka diperlukan critical thinking, dan bahkan sebuah solusi dalam kondisi kritis seperti ini,” tuturnya.

Baca juga:   Disebut Cocok Gantikan Moeldoko Jadi KSP, Begini Kata Fahri Hamzah

Moeldoko mengungkapkan sudah ada 33 negara di dunia menggunakan Ivermectin dalam menangani COVID-19. Di mana, data itu dirinya kutip dari FLCCC (Front Line Covid-19 Critical Care).

“Menurut FLCCC alliance, sudah ada 33 negara yang menggunakan Ivermectin dalam mengatasi COVID-19, antara lain Brasil, Zimbabwe, Jepang, dan India. Berdasarkan American Journal of Therapeutics, ada penelitian yang melibatkan 3.406 partisipan yang terbagi menjadi 15 uji klinis, terbukti atau membuktikan bahwa Ivermectin dapat mengatasi COVID sebesar 95 persen. Berikutnya ada juga hasil penelitian dari dari BIRD Group yang melibatkan 24 uji klinis dari 15 negara dan 3.406 partisipan menunjukkan menekan tingkat kematian pasien COVID,” kata Moeldoko.

Baca juga:   Virus Corona Jadi Pandemi, Begini Perintah Presiden Jokowi

“Selain itu, juga tercatat 15 negara sudah berhasil melawan COVID dengan menggunakan Ivermectin. Peru, Meksiko, Slovakia adalah negara yang turut berhasil menekan jumlah penderita COVID-19 dengan penggunaan Ivermectin,” tambahnya.

Atas pertimbangan kondisi dalam negeri dan pengalaman sejumlah negara, Moeldoko akhirnya memutuskan berani mendistribusikan Ivermectin ke anggota-anggota HKTI di sejumlah daerah. Menurutnya, situasi krisis seperti ini mengharuskan setiap orang membuat pilihan yang bijak.

“Saya Ketua Umum HKTI dan juga mantan Panglima TNI tentu berpikir sedikit berbeda di dalam melihat situasi ini. Untuk itulah saya mengambil keputusan untuk berani mendistribusikan Ivermectin kepada anggota-anggota HKTI yang tersebar di Indonesia,” ujar Moeldoko. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar