Apa Saja Manfaat dan Pentingnya Perencanaan Keuangan?

Perencanaan-Keuangan

harianpijar.com – Bisa bersenang-senang di usia muda sembari berinvestasi untuk hari tua memang menjadi kondisi keuangan yang diidam-idamkan setiap orang. Kondisi keuangan ideal itu tentu bisa dicapai dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik dan matang untuk saat ini, masa depan, termasuk perencanaan biaya tak terduga seperti dana darurat.

Perencanaan keuangan, secara sederhana, merupakan seni sekaligus prinsip yang perlu diterapkan untuk mengelola keuangan pribadi, rumah tangga, maupun bisnis agar lebih efektif dan efisien.

Jika digambarkan, perencanaan keuangan itu merupakan roadmap atau panduan yang digunakan sebagai petunjuk untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan. Bahkan, untuk menyusunnya pun diperlukan pendekatan ilmu keuangan, logika, dan seni kelola uang agar tujuan keuangan dapat tercapai dengan baik.

Namun, perlu diingat bahwa perencanaan keuangan itu bukanlah sebuah ramalan untuk masa depan dan juga tidak dapat mengubah kondisi keuangan seseorang hanya dalam waktu satu malam. Sebab, dalam praktiknya perencanaan keuangan membutuhkan waktu dan proses bahkan hingga seumur hidup.

Karena itu, tak heran banyak orang rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk jasa perencana keuangan (financial planner) demi perencanaan keuangan yang lebih matang. Selain untuk mencapai tujuan keuangan, apa saja manfaat dan pentingnya perencanaan keuangan?

Dapat mengidentifikasi kesalahan alokasi dana

Ini bisa saja menjadi hal pertama yang akan disadari saat melakukan perencanaan keuangan baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Pasalnya, dalam perencanaan keuangan, perlu untuk memperhatikan sekecil apapun cashflow atau arus kas uang masuk hingga kemana saja alokasi dana dilakukan, termasuk untuk tabungan dan investasi.

Perencanaan keuangan keseluruhan ini akan membuat kita menyadari kesalahahan pemanfaatan dana yang selama ini dilakukan sehingga dapat diperbaiki dan berujung pada peningkatan cashflow.

Punya dana darurat

Ibarat sedia payung sebelum hujan, dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik kita dapat menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan mendesak. Seperti untuk membiayai pengobatan ketika sakit, terkena musibah, atau bahkan saat tiba-tiba kehilangan sumber pendapatan.

Mewujudkan tujuan hidup

Hal ini yang membuat perencanaan keuangan menjadi sangat penting untuk dipraktikan setiap orang. Tujuan hidup memang terdengar mirip dengan tujuan pada perencanaan keuangan. Lebih tepatnya tujuan keuangan selalu beriringan dengan tujuan hidup.

Mudahnya, ketika Anda mencapai satu tujuan keuangan, itu secara tidak langsung akan memberikan progress atau bahkan memenuhi tujuan hidup yang Anda inginkan. Misalnya tujuan hidup Anda adalah menikmati masa pensiun dengan kebebasan finanasial, untuk mencapainya tentu saja Anda harus memiliki tujuan keuangan dengan memiliki dana pensiun.

Dengan perencanaan keuangan yang tepat seperti penghematan, menabung, atau berinvestasi tentunya akan membantu Anda lebih dekat dengan tujuan hidup.

Meski demikian, satu perencanaan keuangan tidak dapat digunakan untuk seumur hidup. Melainkan perlu ditinjau ulang dan selalu diperbaharui saat bertambahnya jumlah tanggungan, ingin mengubah tujuan keuangan, adanya kebutuhan darurat, atau terjadi perubahan jumlah pendapatan.

Setuju kan Anda bahwa perencanaan keuangan itu penting? Terlebih di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, keadaan menjadi serba tak pasti membuat kita harus semakin teliti dalam melakukan perencanaan keuangan atau meninjau rencana yang sudah ada agar keuangan kita semua dapat tetap bertahan.

Sayangnya, perencanaan keuangan seringkali masih dianggap sebelah mata, atau belum disadari manfaat dan urgensinya oleh banyak orang. Sebaiknya perencanaan keuangan dimulai sedini mungkin. Namun, tidak ada kata terlambat untuk memulai segala sesuatu, termasuk untuk mulai mengelola keuangan. Yuk, segera persiapkan perencanaan keuangan Anda!

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA