Ini 6 Cara Membersihkan Softcase HP dengan Mudah, Tampak Baru Lagi!

Cara-Membersihkan-Softcase-HP

harianpijar.com – Casing handphone (HP) berguna untuk melindungi sekaligus mempercantik HP kita dalam penggunaannya. Biasanya, ada dua jenis casing yang ada di pasaran, yakni hardcase dan softcase. Bagi pengguna softcase pasti kerap menghadapi masalah noda yang menempel pada benda tersebut. Tapi jangan khawatir, artikel ini akan mengungkap cara membersihkan softcase HP dengan mudah.

Softcase yang kotor atau menguning tak hanya mengganggu penampilan, tapi juga dapat membuat debu atau kotoran yang berada di softcase ikut menempel ke barang-barang lain. Faktor penyebab yang membuat softcase menjadi kotor biasanya dikarenakan radiasi ultraviolet matahari atau sering meletakkannya di tempat yang kotor atau berdebu.

Tetapi walaupun si softcase terlihat tidak kotor, kita harus selalu menjaga softcase tetap bersih agar terhindar dari kuman dan bakteri. Berikut 6 cara membersihkan softcase HP dengan mudah:

1. Cuci dengan Sabun Cuci Piring

Cara yang paling sering digunakan adalah mencuci softcase dengan sabun untuk cuci piring. Ambil sikat gigi bekas lalu teteskan sedikit cairan pencuci piring.

Gunakan sikat gigi untuk menyikat softcase secara perlahan sampai nodanya menghilang. Setelah itu, jangan lupa keringin softcase menggunakan kain microfiber.

2. Baking Soda

Baking soda atau soda kue juga mampu membersihkan softcase HP. Caranya, campurkan baking soda dengan air di wadah kecil. Kemudian gosok softcase menggunakan campuran tersebut sampai kotoran menghilang. Lalu bilas dengan air mengalir dan keringkan.

3. Minyak Kayu Putih

Ternyata minyak dengan bau yang menyengat ini juga dapat membuat softcase yang kotor menjadi lebih bersih. Minyak kayu putih efektif dalam membersihkan softcase dari noda bekas stiker, sisa makanan, atau bekas double tape.

Perlu diketahui bahwa minyak kayu putih tidak bisa mengembalikan softcase yang menguning kembali menjadi bersih.

4. Pasta Gigi

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, selain dapat membersihkan gigi, pasta gigi juga dapat menjadi bahan pembersih yang sangat efektif. Caranya, tuangkan sedikit pasta gigi pada permukaan softcase. Kemudian gosok berulang kali dengan sikat gigi. Setelah terlihat bersih, bilas menggunakan air mengalir.

Meski pasta gigi dapat dengan mudah membersihkan noda teh atau noda kopi dari cangkir, dan bahkan bisa menghilangkan goresan kecil pada permukaan handphone, tetapi pasta gigi tidak bisa membersihkan noda kuning pada softcase.

5. Alkohol

Alkohol efektif untuk membuat softcase yang menguning kembali terlihat menjadi baru. Selain itu, alkohol juga akan membersihkan softcase HP dari kuman dan kotoran yang menempel.

Untuk membersihkannya, tuang alkohol ke kapas bersih dan gosokkan pada permukaan softcase.

6. Cairan Pemutih

Solusi untuk mengatasi masalah softcase yang menguning dengan ampuh, Anda bisa menggunakan cairan pemutih pakaian untuk membersihkan softcase tersebut.

Namun, sebelum menggunakan cairan pemutih, siapkan terlebih dahulu beberapa peralatan seperti sepasang sarung tangan plastik, celemek, dan masker wajah sekali pakai agar sifat korosif dari pemutih tidak mengenai tubuhmu.

Caranya, campur cairan pemutih pakaian dan air ke dalam mangkuk atau wadah. Gunakan sedikit pemutih, karena jika terlalu banyak maka dapat merusak softcase. Jika hanya memiliki pemutih bubuk, bisa mengencerkan satu sendok teh pemutih ke dalam air hangat. Kemudian masukkan softcase ke dalam wadah larutan pemutih selama beberapa menit. Lalu angkat dan keringkan.

Itulah beberapa cara membersihkan softcase HP kesayangan dengan mudah. Anda bisa memilih cara membersihkan softcase yang sesuai dengan noda yang harus dihilangkan. Semoga informasinya bermanfaat ya, salam!

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA