Soal Survei Capres 2024, Politikus PDIP: Pilpres Indonesia Selalu Penuh Kejutan

Rieke-Diah-Pitaloka
Rieke Diah Pitaloka. (foto: dok. JICT)

harianpijar.com, JAKARTA – Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) merilis hasil survei terkait calon presiden (capres) 2024. Menanggapi hal itu, politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka menilai pilpres selama ini selalu penuh dengan kejutan.

“Saya melihat pemilihan presiden di Indonesia selalu penuh kejutan, karena kita dari beberapa kali pergantian presiden, tokohnya nggak terkalkulasi sejak awal,” ujar Rieke Diah Pitaloka dalam rilis survei yang disiarkan secara virtual, Sabtu, 22 Mei 2021.

Rieke Diah Pitaloka mengatakan hasil survei yang disampaikan ARSC merupakan suatu prediksi yang menarik. Dirinya menyebut pemilih pilpres tidak semuanya memilih pemimpin dengan menggunakan akal sehat.

“Menurut saya, ini prediksi yang cukup menarik, mengingat pemilih Indonesia itu tidak melulu pemilih nasional, tapi juga bermain dengan irasionalitas,” ucapnya.

ARSC merilis survei elektabilitas capres untuk 2024, dari 10 besar nama kandidat yang disampaikan, tiga di antaranya merupakan kandidat capres perempuan, yaitu Tri Rismaharini, Puan Maharani, dan Khofifah Indar Parawansa.

Baca juga:   Politikus PDIP: Isu Sosial Imajiner Jadi Lawan Terbesar Jokowi-JK

Rieke Diah Pitaloka menilai ada suatu perubahan dalam perpolitikan dengan masuknya ketiganya dalam kandidat capres 2024.

“Yang menurut saya konsisten dari survei ini pertama, perempuan tidak masalah jadi presiden. Nah, menurut saya, ini hal yang baru ter-statement. Jadi dari 10 capres yang paling diunggulkan, ada tiga kandidat perempuan,” kata Rieke Diah Pitaloka.

“Sebagai presiden, itu menurut saya satu hal yang baru dan cukup strong ya, cukup strong bahwa ada perubahan nilai di Indonesia di momen politik ini dan ini menurut saya satu nilai baru yang bagi pemilih Indonesia bahwa perempuan sudah diterima. Kalau tadi konsederasinya ada pengalaman kinerja, ternyata banyak sekali perempuan Indonesia sudah ada di wilayah politik, di wilayah publik, dan kepala daerah. Publik mulai melihat bahwa tidak ada persoalan dengan perempuan di tampuk kepemimpinan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Perkumpulan Kader Bangsa menggandeng Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) melakukan survei elektabilitas capres untuk 2024. Survei ini digelar dalam rentang waktu 26 April-8 Mei 2021 melalui wawancara telepon.

Baca juga:   Pengamat Nilai Jokowi Tunggu Nama Calon Menteri dari Prabowo dan Megawati

Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak di 34 provinsi. Adapun margin of error untuk survei ini kurang-lebih 2,9 persen.

Responden diberi pertanyaan ‘Jika pemilihan presiden dilakukan saat ini, dari nama-nama berikut ini, siapakah yang Anda pilih menjadi Presiden Republik Indonesia?’. Jawabannya adalah sebagai berikut:

Anies Baswedan 17,01 persen
Prabowo Subianto 14,31 persen
Ganjar Pranowo 11,25 persen
Sandiaga Uno 6,87 persen
Ridwan Kamil 5,86 persen
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 5,55 persen
Tri Rismaharini 3,97 persen
Airlangga Hartarto 3,83 persen
Puan Maharani 2,48 persen
Khofifah Indar Parawansa 0,66 persen
Erick Thohir 0,41 persen
Said Aqil Siroj 0,41 persen
Tito Karnavian 0,33 persen
Ma’ruf Amin 0,33 persen
Bambang Soesatyo 0,33 persen
Muhaimin Iskandar 0,25 persen

Tidak tahu 7,77 persen
Tidak jawab 2,23 persen
Lainnya 16,15 persen

. (msy/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini