Bela Jokowi Soal Masa Jabatan Presiden 3 Periode, Begini Kata Megawati

Megawati-Soekarnoputri
Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

harianpijar.com, JAKARTA – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri membela Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diduga hendak mengusulkan masa jabatan presiden 3 periode. Megawati menilai justru pihak yang bicara itulah yang sebenarnya berkeinginan.

“Hari-hari ini Pak Jokowi dikocok berkeinginan katanya untuk 3 periode. Orang yang ngomong itu yang kepengin sebetulnya. Siapa tahu dianya bisa jadi itu ingin 3 periode,” ujar Megawati saat peluncuran buku ‘Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam’, Rabu, 24 Maret 2021.

Baca juga:   Karding: Tak Menarik kalau Menteri Harus Rental Mobil

Megawati menyebut tudingan itu tak berdasar, sebab masa jabatan presiden sudah diatur di dalam konstitusi maupun undang-undang. Dirinya menekankan presiden tak bisa begitu saja mengubah isi UUD 1945.

“Memangnya presiden yang bisa mengubah keputusan secara konstitusi? Kan tidak,” sebutnya.

Megawati pun meminta kader PDIP yang berada di eksekutif dan legislatif tak menyia-nyiakan waktu selama menjabat. Dirinya ingin kader tersebut bekerja untuk rakyat bukan karena kekuasaan.

“Kalian saya minta itu supaya aktif. Seperti Hendy (Wali Kota Semarang-red). Kalau mau jadi wali kota, mau apa kamu? Mau cari kekayaan, kekuasaan, ketenaran? Berhentilah. Paling dua periode selesai, tak ada lagi bisa lebih dari dua periode,” kata Megawati.

Baca juga:   Begini Kata Novel Bamukmin Soal Jokowi Lambaikan Tangan di Tengah Kerumunan

“Tugas kalian utama sebagai kader partai adalah memperjuangkan nasib rakyat,” imbuhnya.

Sementara itu, acara peluncuran buku ini digelar virtual. Turut hadir dalam acara Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP I Made Urip, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. (msy/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini