Setuju Banyak Korban dari Pasal 27 UU ITE, Habiburokhman Singgung Kasus Ahmad Dhani

Habiburokhman
Habiburokhman. (foto: dok pribadi)

harianpijar.com, JAKARTA – Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan UU ITE menelan banyak ‘korban’ khususnya penggunaan Pasal 27. Menanggapi hal itu, Partai Gerindra setuju dengan Mahfud MD terkait banyaknya korban dari penerapan UU ITE.

“Saya sependapat bahwa memang sudah banyak korban UU ITE,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman kepada awak media, Sabtu, 20 Maret 2021.

Habiburokhman yang pernah menjadi advokat, mengaku merasakan betul soal penerapan pasal UU ITE. Dirinya menyinggung soal kasus yang sempat dialami musisi yang juga politikus Partai Gerindra, Ahmad Dhani.

“Sebelum di DPR saya berprofesi sebagai advokat dan mengadvokasi langsung banyak orang yang merasa dikriminalisasi dengan UU ITE seperti Ahmad Dhani, Asma Dewi, dan banyak lainnya,” ucapnya.

Baca juga:   Edhy Prabowo: Gerindra Ingin Biaya Pemindahan Ibu Kota 100 Persen dari Uang Negara

Habiburokhman mengatakan partainya menunggu sikap pemerintah di DPR soal pengajuan revisi UU ITE. Menurutnya, UU ITE mudah digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk kriminalisasi.

“Intinya ketentuan dalam UU ITE terlalu lentur sehingga mudah digunakan untuk mengkriminalisasi. Kami di DPR sedang menunggu apakah pemerintah jadi mengajukan revisi,” kata Habiburokhman.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD menerima keluhan dari warga soal Pasal 27 UU ITE saat menyambangi kedai kopi Johny di Kelapa Gading, Jakarta Utara, hari ini. Kedatangan Mahfud MD itu diterima pengacara kondang Hotman Paris Hutapea.

Baca juga:   JK: Kalau Parpol Koalisi Jokowi Tak Setuju, Gerindra Akan Susah Gabung

“Apakah dimungkinkan Pasal 27 ayat 3 ini benar-benar dihapuskan? Karena pencemaran nama baik ini benar-benar jadi ajang saling melapor dan dimanfaatkan oleh banyak oknum,” ujar seorang warga bernama Vivi yang mengeluh soal Pasal 27.

Mahfud MD mengatakan problem UU ITE menjadi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dirinya menyebut sudah banyak masyarakat yang menjadi korban dari UU ITE, terutama Pasal 27.

“Kita sudah mencatat masalah itu, sudah menjadi perhatian Presiden juga. Banyak orang menjadi korban Pasal 27,” kata Mahfud MD. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar