Gelaran Formula E Ditunda hingga 2022, Wagub Riza: Commitment Fee Masih Aman

Ahmad-Riza-Patria
Ahmad Riza Patria. (foto: detik/Ilham)

harianpijar.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi menunda gelaran Formula E hingga 2022. Meski demikian, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan dana komitmen atau commitment fee aman dan tidak akan hangus.

“Tentu uangnya masih aman karena diserahkan secara resmi, (secara) formal ya dan sudah diterima oleh pihak terkait yang bertanggung jawab sesuai aturannya dan sesuai yang berhak,” ujar Ahmad Riza Patria dalam siaran langsung di Instagram @arizapatria, Jumat, 19 Maret 2021.

Ahmad Riza Patria mengatakan tak ada permasalahan anggaran maupun perencanaan ajang balapan mobil listrik itu. Bahkan, pihaknya selalu melaporkan perkembangannya ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sesuai aturan berlaku.

“Jadi tidak ada masalah ya dalam berbagai laporan di BPK setiap tahun kami sampaikan apa adanya, kami bisa melampirkan bukti (dan) fakta yang ada bahwa hal tersebut sudah disampaikan melalui mekanisme, prosedur dan melibatkan konsultan ahli sebelum kita memutuskan waktu itu menyetujui Formula E melalui suatu proses dan sesuai peraturan perundang-undangan,” terangnya.

Baca juga:   Wagub Riza: Pak Anies Dikenal karena Kebijakan Prorakyat, Bukan Buzzer

Ajang balapan Formula E ini telah dua kali tertunda akibat pandemi COVID-19 yang tak kunjung mereda. Ahmad Riza Patria berharap pada 2022 kasus COVID-19 bisa menunjukkan pengurangan secara drastis, sehingga Formula E bisa digelar.

“Mudah-mudahan di tahun itu suasananya sudah berbeda. Pandeminya setidaknya sudah hilang, syukur-syukur sudah hilang, paling tidak sudah berkurang secara drastis,” kata Ahmad Riza Patria.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menyampaikan keputusan penundaan gelaran Formula E ini sesuai dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh BPK. Pemprov DKI Jakarta memastikan seluruh proses penundaan Formula E dijalankan sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca juga:   Soal Banjir Jakarta, PDIP Sebut Hampir 3 Tahun Pemprov Tak Lakukan Apa-Apa Kecuali Program Rutin

“Rekomendasi BPK terkait Formula E sudah kita sampaikan bahwa Formula E yang uangnya sudah kita keluarkan itu tetap ada dan nanti akan dilaksanakan direncanakan insyaallah kalau tidak ada halangan di tahun 2022,” ujar Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 18 Maret 2021 malam.

Pemprov DKI Jakarta sendiri telah mengucurkan dana sebesar 31 juta pound sterling sebagai commitment fee untuk pelaksanaan Formula E.

Dana komitmen itu dibayarkan satu tahun sebelum pelaksanaan Formula E, yaitu untuk pelaksanaan 2020 dibayarkan pada 2019 dan dilakukan dua kali termin setiap tahun pembayarannya. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar