Demokrat Pastikan Poster Deklarasi Dukungan JK-AHY yang Beredar adalah Hoax

AHY
Ketua umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menyambangi gedung KPU. (foto: detik/Andhika Prasetia)

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Demokrat menanggapi soal poster deklarasi dukungan dengan gambar Jusuf Kalla (JK) bersama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang beredar di media sosial. Partai Demokrat menyebut poster itu hoax.

Seperti dilansir dari detik, poster deklarasi dukungan itu berisi foto JK dan AHY dengan lambang Partai Demokrat. Poster itu juga dilengkapi slogan ‘DEMOKRAT S14P!’.

Masih di dalam poster yang sama, acara deklarasi dukungan JK dan AHY disebut-sebut akan digelar pada Senin, 22 Maret 2021, di salah satu hotel berbintang di kawasan Senayan. Tertera pula nomor informasi lebih lanjut di dalam poster tersebut. Selain itu, dalam poster tersebut, juga terlihat wajah Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief mengatakan bahwa pilpres masih jauh dan pihaknya pun belum memikirkan hal itu. Dirinya menegaskan agenda deklarasi JK dan AHY itu adalah hoax.

Baca juga:   SBY: Kritik Itu Laksana Obat, Pujian dan Sanjungan Laksana Gula

“Masih jauh pilpres, terpikir pun belum. Hoax ini,” ujar Andi Arief saat dimintai konfirmasi, Jumat, 19 Maret 2021.

Andi Arief tak ingin menuduh soal siapa pihak yang membuat dan menyebar poster itu. “Kira-kira, sudah kita duga bersama,” sebutnya.

Senada dengan Andi Arief, Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon juga menyebut agenda deklarasi dukungan JK dan AHY itu hoax. Menurutnya, Partai Demokrat tengah berfokus menyelesaikan persoalan partai.

“Super-hoax itu ya. Terpikir pun kami belum soal itu. Fokus kami saja masih soal partai. Kami tidak tahu siapa yang buat itu. Yang pasti bukan dari pihak kami,” kata Jansen Sitindaon.

Baca juga:   Soal Kasus Jiwasraya, Aria Bima: Demokrat Ingin Bentuk Pansus, PDIP Kurang Relevan

Diketahui, sebelum poster deklarasi JK dan AHY, telah beredar lebih dulu undangan deklarasi dukungan Puan Maharani dan Moeldoko sebagai capres-cawapres 2024. PDIP juga mengatakan undangan deklarasi itu hoax.

Undangan dukungan deklarasi itu dituliskan berasal dari Pro Bakti NKRI. Di dalamnya, ada foto Puan Maharani dan Moeldoko berbaju putih dengan tulisan Puan Maharani sebagai calon presiden dan Moeldoko sebagai calon wakilnya.

Masih dalam undangan deklarasi dukungan Puan Maharani dan Moeldoko, tertera tanggal deklarasi dan dukungan Senin, 29 Maret 2021. Dukungan deklarasi itu disebut-sebut akan berlangsung di salah hotel berbintang di Surabaya.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP Bambang Wuryanto menegaskan undangan deklarasi dukungan itu hoax. Dirinya memastikan tak ada agenda dukungan deklarasi tersebut.

“Hoax,” tegas Bambang Wuryanto saat dikonfirmasi. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar