Pemerintah Berencana Lanjutkan Proyek Hambalang, PPP Minta KPK Dilibatkan

Illiza-Saaduddin-Djamal
Illiza Sa'aduddin Djamal. (foto: dok. PPP)

harianpijar.com, JAKARTA – Pemerintah akan mempertimbangkan untuk melanjutkan proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Jawa Barat. Terkait hal itu, PPP menilai pemerintah bisa saja melanjutkan proyek Hambalang dengan sejumlah syarat.

“Pemerintah sah-sah saja mempertimbangkan untuk membuat baru atau melanjutkan pembangunan,” kata Ketua DPP PPP Illiza Sa’aduddin Djamal kepada awak media, Selasa, 16 Maret 2021.

Namun, Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan harus ada pengawasan ketat terhadap penggunaan anggaran proyek Hambalang jika jadi dilanjutkan. Dirinya meminta pemerintah melibatkan BPK dan KPK untuk mencegah korupsi proyek Hambalang terulang.

“Akan tetapi beberapa hal yang harus menjadi perhatian kita bersama bahwa dalam pengawasan harus ketat terhadap penggunan anggaran dan melibakan BPK atau KPK sebagai auditor dan pencegahan korupsi uang negara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Baca juga:   Di 'Pertemuan Pecel Lele', MS Kaban Cs Desak Jokowi dan Prabowo Pulangkan Habib Rizieq

Selain itu, dikatakan Illiza Sa’aduddin Djamal, pemerintah juga harus memastikan aset di Hambalang masih layak digunakan. Menurutnya, perlu ada uji kelayakan bangunan di lokasi tersebut.

“Pemerintahn juga harus memastikan seberapa besar aset di bukit Hambalang yang masih bisa dipergunakan dan harus di uji kelayakan bangunannya,” ujar Illiza Sa’aduddin Djamal yang juga anggota Komisi X DPR RI ini.

“Pemerintah juga harus bisa memastikan uji teknis terkait keberadaan proyek tersebut. Proyek pembangunan ini dapat dilanjutkan dengan memperhatikan rancangan pembangunan dengan mempertimbangkan kondisi geologi Bukit Hambalang,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan kembali megaproyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang yang sudah bertahun-tahun mangkrak.

Baca juga:   Terkait Rumor Gerindra Masuk Kabinet, Ketum PKB: Koalisi 01 Sudah Kegemukan

Menurut Menpora Zainudin Amali, Hambalang akan disulap menjadi tempat para atlet senior dan berbakat. Rencana itu telah tercantum dalam agenda besar Desain Olahraga Nasional.

“Kita sedang mempertimbangkan untuk bisa melihat Hambalang menjadi tempat untuk sentra atlet senior dan atlet-atlet kita yang sudah siap untuk bisa bertanding,” ungkap Zainudin Amali dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 15 Maret 2021.

Meski begitu, Hambalang bukan satu-satunya proyek yang akan dikebut oleh pemerintah. Masih ada proyek lainnya yang juga akan dibuat untuk para atlet nasional.

“Kami akan buat 10 sentra pemusatan latihan di beberapa daerah, dan yang paling mendasar adalah talenta ketika di sekolah dasar,” pungkasnya. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar