Demokrat: Status Jhoni Allen Marbun sebagai Anggota DPR Akan Dilakukan PAW

Jhoni-Allen-Marbun
Jhoni Allen Marbun. (foto: detik/Ari Saputra)

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Demokrat memutuskan memberhentikan Jhoni Allen Marbun sebagai kader partai usai terlibat upaya pengambilalihan kepemimpinan Agus Harimurti Yudhyono (AHY). Tak hanya sampai di situ, Jhoni Allen juga bakal diganti dari anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat.

“Adapun terkait status Jhoni Allen Marbun sebagai Anggota DPR RI, akan dilakukan PAW (Penggantian Antar Waktu) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Kepala Barkomstra Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keterangannya, Jumat, 26 Februari 2021.

Bahkan, Jhoni Allen beserta 5 kader lainnya juga kehilangan hak dan kewajiban sebagai anggota Partai Demokrat. Herzaky Mahendra Putra menekankan seluruh perkataan dan perbuatan keenam kader itu tidak terkait lagi dengan Partai Demokrat.

“Dengan demikian, sejak keputusan ini ditetapkan, seluruh nama di atas secara otomatis gugur hak dan kewajibannya sebagai anggota Partai Demokrat, serta seluruh perkataan dan perbuatannya tidak lagi dapat dikaitkan dengan Partai Demokrat,” sebutnya.

Selain itu, Herzaky Mahendra Putra mengatakan keenam kader itu tidak diperkenankan lagi menggunakan seragam hingga atribut partai. Hak dan kewajiban sebagai anggota partai juga turut tidak berlaku lagi sejak diberhentikan.

Baca juga:   Sekuat Apa Moeldoko hingga Diisukan Kudeta Partai Demokrat? Begini Kata Pengamat

“Dengan diberhentikan tetap dan dicabutnya keanggotaan Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib dan Ahmad Yahya, serta Marzuki Alie, maka hak dan kewajibannya sebagai Anggota Partai Demokrat tidak berlaku lagi, termasuk larangan bagi mereka untuk menggunakan seragam, atribut, simbol, lambang dan identitas Partai Demokrat,” kata Herzaky Mahendra Putra.

Seperti diberitakan sebelumnya, Partai Demokrat memutuskan untuk memberhentikan dengan tidak hormat sejumlah kader yang terbukti terlibat kongres luar biasa (KLB) secara ilegal terkait pengambilalihan kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Adapun nama-nama kader yang dipecat dari anggota Partai Demokrat adalah Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib dan Ahmad Yahya.

“Sehubungan dengan desakan yang kuat dari para kader Partai Demokrat, yang disampaikan oleh para Ketua DPD dan Ketua DPC untuk memecat para pelaku Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD) secara inkonstitusional, maka DPP Partai Demokrat memutuskan untuk memberikan sanksi pemberhentian tetap dengan tidak hormat sebagai anggota Partai Demokrat terhadap nama-nama berikut: Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib dan Ahmad Yahya,” ujar Kepala Barkomstra Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keterangannya, Jumat, 26 Februari 2021.

Baca juga:   PKS Nilai Usul Demokrat agar Koalisi Dibubarkan Kurang Bijak

Selain itu, Marzuki Alie yang selama ini aktif berbicara terkait ‘kudeta’ Partai Demokrat juga diberhentikan dari keanggotaan partai. Marzuki Alie dinilai bersalah lantaran menyatakan secara terbuka di media massa tentang kebencian dan permusuhan kepada Partai Demokrat, terkait organisasi, kepemimpinan dan kepengurusan partai yang sah.

“Selain keenam orang di atas, DPP Partai Demokrat juga memberikan sanksi pemberhentian tetap dengan tidak hormat sebagai anggota Partai Demokrat kepada Marzuki Alie karena terbukti melakukan pelanggaran etika Partai Demokrat, sebagaimana rekomendasi Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat,” ujar Herzaky Mahendra Putra. (ilfan/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar