Prabowo-Sandi Menteri Paling Memuaskan Versi LSI, NasDem: Wajar karena Sudah Dikenal Publik

Willy-Aditya
Willy Aditya.

harianpijar.com, JAKARTA – Menhan Prabowo Subianto dan Menparekraf Sandiaga Uno, menjadi menteri paling memuaskan versi survei Lembaga Survei Indonesia (LSI). Partai NasDem menilai Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dijagokan karena sudah dikenal banyak orang.

Menurut Partai NasDem, survei tidak bisa mencerminkan hasil kinerja menteri. Pasalnya, hasil survei hanya mengandalkan persepsi publik.

“Seperti survei-survei sebelumnya, terkait kinerja menteri ini sebenarnya kita tidak bisa mengandalkan persepsi publik, karena publik tidak akan bisa tahu secara persis seperti apa kinerja seorang menteri sesungguhnya,” ujar Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya kepada awak media, Senin, 22 Februari 2021.

Terlebih, dikatakan Willy Aditya, dua Kementerian yang dipimpin Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tidak banyak bersentuhan dengan publik secara langsung. Mengenai isu pertahanan, kata dia, tak banyak muncul di media.

“Apalagi yang disebut adalah Kemenhan dan Kemenparekraf. Inikan dua kementerian yang tidak banyak bersentuhan dengan publik secara langsung. Seberapa jauh memang tahu soal isu pertahanan? Seberapa banyak juga isu pertahanan nasional muncul di media? Tidak banyak,” sebutnya.

Baca juga:   Prabowo Subianto Imbau Massa Aksi untuk Pulang

Sedangkan kinerja Sandiaga Uno di Kemenparekraf, menurut Willy Aditya, belum ada terobosan. Dirinya lalu mempertanyakan kepuasan publik dalam survei itu.

“Demikian juga kiprah dari Kemenparekraf. Pariwisata masih biasa-biasa saja. Belum kelihatan juga terobosan-terobosan yang dilakukan. Tapi toh ternyata publik merasa puas. Ada apa ini? Kan begitu pertanyaannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Willy Aditya mengatakan popularitas adalah kunci dari persepsi publik. Dirinya kemudian merujuk pada hasil survei yang dibacakan oleh peneliti LSI, Djayadi Hanan tersebut.

“Dan saya kira, sebagaimana disebut oleh Jayadi Hanan juga, aspek keterkenalan atau popularitas menjadi kata kuncinya. Karena Prabowo adalah capres dan Sandi adalah cawapres, orang jadi lebih banyak tahu,” terangnya.

Willy Aditya menilai Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sudah dikenal publik. Karena itu, dirinya menyebut wajar jika responden memilih keduanya.

“Dan bagi mereka, asal tidak berbuat salah atau neko-neko, seorang menteri yang sudah cukup dikenal publik akan disebut bagus kinerjanya bagi mereka. Sebab mau menyebut yang lain juga mereka tidak tahu. Jadi ya wajar kalau yang disebut adalah mereka yang sudah dikenal,” kata Willy Aditya.

Baca juga:   Pengamat: Kalau Semua Partai Masuk ke Pemerintahan, Buat Apa Ada Pemilu?

“Belum lagi kalau kita menyebut soal aspek-aspek kinerja seorang pejabat, memang seberapa banyak publik tahu soal ini. Jadi saya kira, soal skor kinerja ini hanya wajah lain dari popularitas seorang tokoh atau kandidat saja. Tidak lebih,” imbuhnya.

Diketahui, LSI melakukan survei terkait kinerja menteri Kabinet Indonesia Maju. Menhan Prabowo Subianto jadi menteri dengan kinerja paling memuaskan versi responden LSI.

“Tingkat kepuasannya paling tinggi terhadap Menteri Pertahanan, disusul Menteri Pariwisata Sandiaga Uno,” ujar peneliti LSI Djayadi Hanan dalam rilis yang disiarkan di YouTube LSI, Senin, 22 Februari 2021.

Adapun 3 besar menteri paling memuaskan versi survei LSI adalah sebagai berikut:

1. Menhan Prabowo Subianto
Sangat puas: 13 persen
Cukup puas: 62 persen

2. Menparekraf Sandiaga Uno
Sangat puas: 8 persen
Cukup puas: 61 persen

3. Menkeu Sri Mulyani
Sangat puas: 12 persen
Cukup puas: 56 persen

. (ilfan/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini