Akibat Pandemi, Pasar Menjadi Sepi

Pasar-Ngadirojo
Suasana Pasar Ngadirojo di masa pendemi. (foto: dok. Pribadi)

harianpijar.com, WONOGIRI – Pandemi virus Corona atau COVID-19 memberikan dampak bagi masyarakat umum, tak terkecuali para pedagang yang ada di Pasar Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah. Mereka mengeluhkan pendapatan yang menurun dan keadaan pasar yang terancam lumpuh.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri mulai tanggal 11 Januari-8 Februari 2021 menyebabkan masyarakat enggan untuk keluar rumah. Hal itu dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 yang semakin meningkat di daerah Wonogiri.

“Setelah ditetapkan aturan PPKM di Wonogiri, banyak masyarakat yang enggan pergi ke pasar. Jadi saat ini pasar sepi, dan barang jualan juga kurang laku,” ujar Sarmini, salah seorang pedagang makanan ringan di Pasar Ngadirojo.

Baca juga:   Apresiasi Menkes Terbuka Soal Varian Corona Baru, Anggota DPR: Ini Besar Maknanya

Sarmini pun mengaku pendapatan yang dirinya dapatkan menurun dibandingkan dengan sebelum pandemi COVID-19. Sebelumnya, pendapatan yang dia dapatkan dalam sehari dapat mencapai hingga 1 juta rupiah, sedangkan di masa pandemi pendapatan yang diperolehnya kisaran 100-500 ribu rupiah.

“Dulu sebelum pandemi pendapatan saya dalam sehari bisa sampai 1 juta. Sekarang selama pandemi hanya dapat 100-500 ribu saja,” ungkapnya.

Pasar-Ngadirojo
Suasana Pasar Ngadirojo di masa pendemi. (foto: dok. Pribadi)

Dengan pendapatannya tersebut, Sarmini mengatakan bahwa dirinya dan keluarga harus lebih berhemat agar kebutuhan rumah tangganya dapat terpenuhi selama pandemi.

“Selama pandemi ini saya jadi jauh lebih berhemat. Hal itu saya lakukan agar kebutuhan rumah tangga saya dapat terpenuhi meskipun hanya sedikit,” sebutnya.

Karena daerah Wonogiri sempat masuk ke dalam zona merah dan PPKM yang diberlakukan, Pemerintah Daerah Wonogiri menghimbau kepada para pedagang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan tutup lebih awal dari jam sebelumnya.

Baca juga:   Presiden Jokowi: Pembatasan Skala Lokal Penting, Jangan Buru-buru Tutup Wilayah

Dengan segala hal yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri guna mengurangi resiko penyebaran COVID-19, Sarmini berharap kasus COVID-19 di daerah Wonogiri semakin berkurang. Sehingga, dirinya dan para pedagang lain dapat beraktivitas seperti biasa dan kegiatan perekonomian di Pasar Ngadirojo segera pulih kembali.

“Saya berharap Pasar Ngadirojo ramai seperti dulu lagi. Tapi karena kemarin sempat masuk zona merah, pembeli jadi jarang keluar rumah. Jadi semoga permasalahan covid-19 ini cepat selesai dan pembeli bisa berbelanja ke pasar lagi,” kata Sarmini.

Qhoifa Fawziah Aulia Keysha
Mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Semarang (UNNES)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar