Serahkan Barang Bukti Kasus Km 50 ke Polri, Komnas HAM: Mudah-mudahan Cepat Diselesaikan

Komnas-HAM-Serahkan-Barang-Bukti-ke-Polri
Komnas HAM serahkan 16 barang bukti hasil investigasi kasus Km 50 ke Polri. (foto: detik/Kadek)

harianpijar.com, JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyerahkan barang bukti hasil investigasi peristiwa Km 50 yang menewaskan enam laskar FPI ke Polri. Komnas HAM berharap barang bukti tersebut dapat memperkuat dan memperjelas peristiwa yang sebenarnya terjadi.

“Dalam kesempatan ini, secara simbolik kita menyerahkan barang bukti oleh ketua tim Pak Anam dengan harapan seluruh barang bukti ini bisa semakin memperkuat, memperjelas peristiwa yang terjadi seperti apa harapan masyarakat secara umum,” ujar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Kantornya, Selasa, 16 Februari 2021.

Ahmad Taufan Damanik mengatakan pihaknya berharap kasus segera dituntaskan oleh Polri. Yang terpenting baginya, nantinya kasus ini bisa ditangani secara transparan.

“Hasil penyelidikan pemantauan Komnas, termasuk rekomendasi Pak Presiden, Kapolri dan jajarannya mudah-mudahan kasus ini bisa cepat diselesaikan dan nggak kalah penting akuntabilitas dan transparasi kasus ini. Jadi semua orang bisa memahami apa yang terjadi. Nggak ada keraguan dari berbagai pihak,” ucapnya.

Baca juga:   Polisi Tidak Akan Berhenti Buru Teroris, Ancaman Teror Itu Tetap Ada

Selanjutnya, Ahmad Taufan Damanik menyampaikan jika Komnas HAM bersama dengan Bareskrim Polri sebelumnya telah bersepakat untuk melakukan serah terima barang bukti tersebut. Selain barang bukti, kata dia, beberapa informasi tambahan lainnya yang diperlukan Polri juga diserahkan.

“Kita sudah sepakat dengan pihak Bareskrim untuk menyerahkan barang bukti yang selama ini dikumpulkan oleh Komnas HAM oleh tim, dan tentu saja juga informasi dan data lain yang terkait dengan kasus laskar FPI,” kata Ahmad Taufan Damanik.

Diketahui, serah terima barang bukti dilakukan di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, pada Selasa, 16 Februari 2021. Barang bukti diserahkan oleh Ketua Tim Penyelidikan Komnas HAM Choirul Anam kepada Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi. Keduanya kemudian menandatangani surat serah terima barang bukti.

Baca juga:   Polri: Tidak Hanya Polda Sumut, Kelompok Teroris Juga Incar 4 Tempat Lain

“Ada 16 item, ini ada berbagai hal mulai dari ini (bungkusan) yang kami uji balistik dengan berita acara akan kami berikan dan berbagai temuan lain terkait 16 item,” ujar Choirul Anam.

Choirul Anam mengatakan penyerahan barang bukti tersebut diperlukan untuk kepentingan tindak lanjut dari rekomendasi Komnas HAM kepada Polri. Dia berharap rekomendasi tersebut dapat ditindaklanjuti secara maksimal oleh Polri.

“Kenapa kami serahkan, karena memang ini guna kepentingan pelaksanaan rekomendasi dari Komnas HAM khususnya untuk penegakan hukum. Jadi memang dari surat yang kami terima dari Reskrim menindaklanjuti rekomendasi dari Komnas HAM. Komitmen bersama ini akan ditindaklanjuti dengan maksimal dan serius. Dan kami berharap demikian,” pungkasnya. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar