Pengabdian ke Masyarakat, Mahasiswa KKN Bantu Pengajaran Mengaji di TPQ

Mengaji
Ilustrasi. (foto: dok. Orami)

harianpijar.com, PEMALANG – Dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terpadu (MIT) Kelompok 63 UIN Walisongo Semarang pada Minggu, 14 Februari 2021, melakukan pengajaran di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Ar-Rodloh Dusun Sirandu Desa Penggarit, Pemalang, Jawa Tengah.

“Dalam rangka pengabdian terjun langsung di masyarakat, kita bersama berinisiatif untuk membantu TPQ di Desa Penggarit, sebagai bentuk pembelajaran untuk diri kita pribadi dan masyarakat. Kemudian juga senang bisa diberikan kesempatan membantu di TPQ, karena dengan pengajaran ini kita bisa mempraktekan ilmu-ilmu yang sudah diajarkan di bangku kuliah, semoga bisa bermanfaat dan membantu,” kata Naufal Falakhi yang juga mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam ini.

Baca juga:   Polda Metro Diminta Bebaskan 2 Mahasiswa Terkait Aksi di Depan Istana

Kholifah, selaku salah satu pengajar di TPQ tersebut, mengatakan dengan jumlah murid mencapai 90 anak dan jumlah pengajar yang hanya 6 orang, kegiatan dari mahasiswa KKN ini sangat membantu.

“Merasa terbantu dan memotivasi anak-anak, ingin seperti kakak-kakak KKN yang bisa berkiprah di masyarakat, terbantu juga karena terkadang ustaz-nya tidak berangkat dan muridnya pada semangat,” ungkap Kholifah.

Kegiatan TPQ yang sudah berdiri sejak 2016 ini dibagi dalam beberapa sesi. Pertama, masuk mulai pukul 13.00 WIB untuk yang jilid 6 dan 7. Kemudian kedua, masuk pukul 14.00 WIB untuk jilid 4 dan 5.

Baca juga:   BEM Trisakti Pastikan Massa Kerusuhan di Sekitar Gedung DPR Bukan Mahasiswa

Ketiga, masuk ba’da ashar untuk yang jilid 1, 2, dan 3. Terakhir keempat, masuk ba’da magrib untuk yang sudah sampai membaca Al-Quran.

Pada awal pandemi COVID-19, kegiatan pembelajaran sempat menerapkan belajar mengaji dari rumah. Namun karena kurang efektif, maka kegiatan pembelajaran mengaji tetap dilaksanakan di tempat biasa.

Meski begitu, kegiatan pembelajaran mengaji tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Seperti menggunakan masker, jaga jarak, dan juga telah disediakan tempat untuk cuci tangan.

KKN MIT DR 63 Walisongo

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar