Kerap Muncul di Anime Boruto, Ini 4 Jenis Alat Sains Ninja secara Umum

Alat-Sains-Ninja

harianpijar.com – Alat Sains Ninja (Kagaku Ningu) kerap ditemui penampakannya di anime Boruto: Naruto Next Generations, terlebih di beberapa episode Boruto belakangan ini.

Alat Sains Ninja adalah alat ninja kelas canggih yang diproduksi dalam beberapa dekade setelah Perang Dunia Shinobi Keempat berakhir.

Di mana, alat tersebut merupakan hasil kerja sama dan jaringan yang belum pernah terjadi sebelumnya antara desa-desa, serta pemberian akses teknologi pada sipil yang berdampak terhadap kemajuan pesat teknologi yang mengantarkan ke era baru alat ninja.

Tim Alat Sains Ninja Konohagakure dipimpin oleh Katasuke Tono, dirinya dianggap sebagai pemimpin dalam bidang studi ini. Di sisi lain, ada organisasi Kara yang juga dinilai bertanggung jawab atas kemajuan dan perkembangan alat sains ninja.

Pemimpin Kara, Jigen, dan ilmuwannya, Amado, mengumpulkan dan menyempurnakan teknologi ini. Bahkan, jauh melampaui kemampuan Konohagakure.

Secara umum Alat Sains Ninja dibagi menjadi empat jenis, di antaranya adalah sebagai berikut:

Kondensor/kapasitor

Alat Sains Ninja jenis ini menggunakan kondensor chakra guna mengumpulkan chakra yang diperlukan untuk melakukan jutsu. Dengan membaca jutsu yang terdapat di dalam gulungan, sistem akan menghasilkan jutsu yang tersegel.

Selama penggunanya tahu cara menggunakan mesin atau alat, bahkan mereka yang tidak bisa menggunakan jutsu sekali pun bisa menggunakan ninjutsu. Pengguna juga tidak perlu mengeluarkan chakra untuk menggunakan jutsu yang ada di dalam alat ini.

Baca juga:   Anime Boruto - Organisasi Kara dan Alat Ilmiah Ninja

Meski begitu, alat ini tetap ada batasannya. Mampu tidaknya alat ini tergantung pada kapasitas kondensor dan juga ada batasan pada jutsu yang dihasilkan.

Salah satu contoh Alat Sains Ninja jenis ini adalah Shinobi Gauntlet, yang pernah disalahgunakan Uzumaki Boruto saat mengikuti ujian chunin.

Bionik

Salah satu contoh Alat Sains Ninja jenis ini adalah bagian tubuh buatan yang terdapat pada Hokage ke-7 Uzumaki Naruto. Anggota tubuh buatan ini dapat bertindak sebagai perpanjangan dari tubuh yang hidup. Ini adalah organ internal sintetis.

Menggunakan teknik dari boneka tradisional dan teknologi dari sel Hashirama, sistem meridian sintetis (saluran yang menghubungkan titik-titik vital tubuh) memungkinkan seseorang untuk menggunakan ninjutsu dan taijutsu dengan cara yang sama seolah-olah mereka menggunakan tubuh mereka sendiri.

Seperti diketahui, shinobi kerap kehilangan sebagian tubuh mereka karena pertempuran yang intens, sehingga perawatan medis ini diperlukan di semua desa. Namun, setelah Perang Besar Dunia Ninja berakhir, mereka mencapai titik di mana mereka juga bisa menggunakannya untuk kepentingan warga sipil.

Katasuke mulanya adalah seorang peneliti di bidang ini. Bahkan, dia mencapai kesuksesan ketika dirinya bekerja di sektor kesehatan publik.

Amplifikasi

Alat Sains Ninja jenis amplifikasi ini dapat diaktifkan dengan chakra pengguna atau dipicu dengan mengaktifkan jutsu. Alat ini mampu meningkatkan dan mengamplifikasi kemampuan alami pengguna atau mengaktifkan efek unik.

Baca juga:   Boruto Episode 17: Larilah, Sarada!!

Contoh alat sains ninja jenis ini adalah sarung tangan atau sepatu yang dikembangkan oleh Inuzuka Akita yang bisa digunakan untuk menempel di dinding. Penampakannya dapat dilihat di anime Boruto episode 183.

Alat-Sains-Ninja

Efek yang dihasilkan oleh perangkat ini murni fenomena fisik semata (sama dengan taijutsu). Karena ditangani dengan cara tersebut, biasanya tidak dapat ditiadakan atau diserap oleh jutsu lain.

Teknologi lanjutan

Alat Sains Ninja jenis ini adalah alat ninja tradisional yang telah ditingkatkan karena lebih canggih dalam sains dan teknologi. Contohnya kunai non-logam yang terbuat dari keramik yang sangat keras, seragam tempur berkualitas tinggi, kabel super keras pada skala nanometer, perangkat telekomunikasi mini, senjata drone yang mampu dikendalikan dari jarak jauh, dan sebagainya. Dalam arti yang lebih luas, kereta listrik dan komputer pribadi juga dapat disertakan dalam hal ini.

Terutama dalam beberapa tahun terakhir, menjadi semakin penting bagi shinobi yang berspesialisasi dalam pengoperasian alat-alat ninja teknologi tinggi semacam itu.

Bahkan jika shinobi yang bersangkutan tidak pandai melakukan genjutsu, ninjutsu, atau taijutsu, ada shinobi yang dianggap handal dalam hal sains dan teknologi (seperti Denki, teman sekelas Boruto). Sama seperti shinobi tipe perawatan medis atau shinobi tipe sensor, mereka menjadi sangat diperlukan bagi pasukan ninja.

Sumber: Kolom Rahasia Shinobi 8 – Alat Sains Ninja.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar