Abu Janda Bantah Rasis tapi Akui Cuitan Evolusi Hina Cara Berpikir Pigai

Permadi-Arya-Abu-Janda
Permadi Arya atau Abu Janda penuhi panggilan Bareskrim soal rasisme ke Natalius Pigai. (foto: detik/Dyas)

harianpijar.com, JAKARTA – Permadi Arya (Abu Janda) membantah telah melakukan rasis terhadap mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai melalui cuitannya soal evolusi. Namun, dirinya tak menampik bahwa cuitan itu untuk menghina cara berpikir Natalius Pigai.

“Iya, kalau dibilang saya menghina cara berpikir dia, betul (menghina). Tapi kan itu urusan saya sama Pigai,” kata Abu Janda di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 4 Februari 2021.

Abu Janda heran terhadap pihak-pihak yang menyebarkan cuitannya tapi tanpa konteks yang sesuai. Padahal, ‘evolusi’ yang dirinya maksud merujuk pada cara berpikir Natalius Pigai.

“Makanya saya bingung ini kok saya lihat pelapornya masih ini-ini juga. Terus dilebarkan ke mana-mana tanpa konteks. Itu semata-mata karena tweet Pigai yang mempertanyakan kapasitas Pak Jenderal (Hendropriyono). Saya jawab lagi balik, ‘kau kapasitasnya apa? Sudah selesai belum? Cara berpikir kau sudah selesai belum?’,” ucapnya.

Baca juga:   Setelah JAS Ditangkap, Pria Ini Ubah Nama Grup Saracen Jadi "NKRI Harga Mati"

Abu Janda juga setuju terdapat indikasi pelanggaran dalam cuitannya kepada Natalius Pigai tersebut. Namun, kembali dirinya membantah telah bersikap rasis.

“Setuju. Saya setuju, ada indikasi pelanggaran saya menghina Pigai, setuju,” sebutnya.

Abu Janda pun meminta semua pihak untuk tidak membawa cuitannya itu keluar dari konteks. Menurutnya, ada pihak lain yang berusaha melakukan penggiringan opini dan pemelintiran melalui cuitannya.

“Tapi itu delik aduan Pigai ke saya. Jangan dilebarin ke mana-mana. Kalau ada indikasi pelanggaran saya menghina Pigai saya setuju. Tapi selain daripada itu menurut saya nggak, selain daripada itu sudah penggiringan opini dan pelintiran,” ujar Abu Janda.

Baca juga:   Laporkan Gus Muwafiq, GP Ansor Minta FPI Lebih Perhatian Urus Perpanjangan SKT

Seperti diketahui, Abu Janda baru saja menyelesaikan pemeriksaan terkait cuitannya yang berbau rasisme ke Natalius Pigai di Bareskrim siang ini. Abu Janda diperiksa selama 3 jam lebih dan dicecar dengan 20 pertanyaan oleh penyidik.

“Saya jadi baru selesai pemeriksaan sekitar 4-5 jam, 20 pertanyaan sama kuasa hukum saya Bang Arif sama Mas Dedi. Jadi ternyata hari ini saya baru diperiksa dalam rangka interview,” ungkap Abu Janda di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 4 Februari 2021. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar