Laporan Keuangan Mayora, Laba Bersih Meningkat di Kuartal III-2020

PT-Mayora-Indah
. (foto: dok. Mayora)

harianpijar.com – Tak hanya dunia, di Indonesia sendiri hingga saat ini masih diselimuti pandemi COVID-19 yang jumlah kasus setiap harinya semakin bertambah. Perusahaan manufaktur makanan dan minuman, salah satunya PT Mayora Indah Tbk, menjadi sektor strategis dan sangat potensial pada masa pandemi seperti saat ini untuk terus dipacu karena memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian nasional.

Dengan produk makanan dan minuman, Mayora mencatat peningkatan laba bersih yang signifikan meski perolehan pendapatan sedikit melambat hingga periode September 2020. Dalam laporan keuangan Mayora terbaru terlihat kenaikan laba secara signifikan kendati dalam situasi pandemi.

Berdasarkan data laporan keuangan hingga kuartal III-2020, perseroan mencatatkan kenaikan laba bersih 42,02% menjadi Rp 1,56 triliun. Adapun, pendapatan emiten berkode saham MYOR itu turun tipis 2,11% menjadi Rp 17,58 triliun. Jumlah itu berasal dari penjualan domestik Rp 10,46 triliun dan penjualan ekspor sebesar Rp 7,13 triliun.

Meski pendapatan mengalami penurunan, Mayora mampu mencetak peningkatan laba berkat efisiensi dan pendapatan lain-lain. Secara khusus Mayora mendapat keuntungan dari selisih kurs mata uang asing sebesar Rp 303,94 miliar. Posisi itu berbalik dari guri Rp 143,89 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Perseroan juga memperoleh penghasilan bersih lain-lain sebesar Rp 120,11 miliar berbanding terbalik dari posisi rugi bersih lain-lain sebesar Rp 433,02 miliar pada periode hingga September 2020.

Pada sisi neraca, pos liabilitas MYOR turun 10,26 persen menjadi Rp 8,19 triliun dibandingkan dengan posisi Desember 2019. Adapun pos ekuitas yang naik 9,11 persen menjadi Rp10,81 triliun. Kombinasi itu membuat aset perseroan turun tipis 0,19 persen menjadi Rp19 triliun.

Mayora mencatatkan kenaikan kas dan setara kas akhir tahun yang meningkat 57,55 persen per tahun menjadi Rp 3,31 triliun hingga periode September 2020. Arus kas naik signifikan seiring peningkatan arus kas dari aktivitas operasi sebesar 67 persen menjadi Rp 2,95 triliun.

Selain itu, penurunan beban pembelian bahan baku, iklan maupun promosi, dan beban bunga juga turut menjadi penopang pertumbuhan margin keuntungan yang berimbas terhadap kenaikan laba bersih lebih signifikan dibandingkan penjualan.

Riwayat singkat PT Mayora Indah Tbk

PT Mayora Indah Tbk (Perseroan) didirikan pada 1977 dengan pabrik pertama berlokasi di Tangerang dengan target market wilayah Jakarta dan sekitarnya. Setelah mampu memenuhi pasar Indonesia, Perseroan melakukan Penawaran Umum Perdana dan menjadi perusahaan publik pada tahun 1990 dengan target market; konsumen Asean. Kemudian melebarkan pangsa pasarnya ke negara negara di Asia. Saat ini produk Perseroan telah tersebar di 5 benua di dunia.

Sebagai salah satu Fast Moving Consumer Goods Companies, PT Mayora Indah Tbk telah membuktikan dirinya sebagai salah satu produsen makanan dan minuman berkualitas tinggi dan telah mendapatkan banyak penghargaan.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA