Kemenkes Pastikan Video Warga Pingsan Usai Vaksin COVID-19 adalah Simulasi

Vaksin-COVID-19
Ilustrasi.

harianpijar.com, JAKARTA – Sebuah video dinarasikan seorang warga di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pingsan setelah menjalani vaksinasi COVID-19 beredar di media sosial. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun mengungkapkan faktanya.

Kemenkes menjelaskan bahwa video yang beredar itu adalah simulasi vaksinasi COVID-19 di NTT. Adapun Lokasinya adalah di halaman kantor Gubernur NTT di Kupang.

“Ini adalah situasi simulasi,” ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi saat dimintai konfirmasi, Senin, 18 Januari 2021.

Baca juga:   Tekan Angka Kematian COVID-19, Luhut Binsar Minta Kemenkes Segera Lakukan Ini

Siti Nadia Tarmizi mengatakan hingga kini pihaknya belum mendapatkan laporan mengenai kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) usai vaksinasi COVID-19 di NTT.

“Sampai saat ini kami tidak menerima laporan dari NTT terkait adanya efek samping atau KIPI dari NTT,” kata Siti Nadia Tarmizi.

Baca juga:   Soal Video Baju Melorot, Melda Rosita: Kata Maaf Nggak Cukup, Pelaku Tetap Aku Kasih Pelajaran

Dari video yang beredar itu, terlihat seorang warga mengenakan kemeja putih awalnya diberi suntikan vaksin COVID-19 oleh tenaga kesehatan. Kemudian, orang tersebut berpindah ke meja tenaga kesehatan lainnya untuk diwawancarai.

Tenaga kesehatan tersebut seperti bertanya apakah warga yang berkemeja putih ini mendapatkan efek samping usai disuntik vaksin COVID-19. Setelah itu, dia pingsan sebelum berbaring di ambulance stretcher. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar