Aksi Blusukan Disoroti Komisi VIII, Mensos Risma: Saya Tak Pernah Cari-Cari

Risma-Blusukan
Mensos Tri Rismaharin blusukan di kawasan Sudirman-Thamrin. (foto: dok Kemensos)

harianpijar.com, JAKARTA – Komisi VIII DPR RI menyoroti aksi blusukan yang dilakukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma. Menanggapi hal itu, Risma dengan tegas menyatakan bahwa dirinya tak mencari-cari dalam blusukan.

Anggota Komisi VIII dari Fraksi PDIP, Samsu Niang, mengapresiasi aksi blusukan yang dilakukan Risma. Menurutnya, itu berguna untuk mengetahui kepentingan-kepentingan sosial di lapangan.

“Pertama, saya apresiasi dulu Ibu Menteri yang baru dilantik langsung melakukan action di lapangan. Kalau saya sebagai pribadi dan sebagai fraksi, blusukan itu bagus saja karena, kalau tidak turun ke lapangan, Ibu tidak melihat kondisi riil di lapangan. Jadi saya kira itu perlu dilanjutkan dan itu sangat bagus dalam rangka untuk mengetahui kepentingan-kepentingan sosial yang ada di lapangan,” ujar Samsu Niang di gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Rabu, 13 Januari 2021.

Baca juga:   Dukung Pembentukan Densus Tipikor, Ini Kata Setya Novanto

“Saya betul-betul dikawal Mensos ini karena Mensos ini orangnya baik, orangnya progresif. Saya dukung, Bu, tetap blusukan dalam rangka untuk mencari hal-hal yang tidak sesuai di lapangan,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota Komisi VIII dari Fraksi Partai NasDem, Budi Hartono, turut menyoroti aksi blusukan Risma. Dirinya menyebut Partai Nasdem mendukung, tapi berharap aksi Risma bisa lebih menyeluruh ke daerah-daerah di Indonesia.

“Bu Risma jalan-jalan turun ke bawah tapi kenapa cuma di Jakarta. Kenapa tidak ke seluruh Indonesia. Kami mendukung, tapi Indonesia luas, bukan Jakarta saja. Nah, itu kata temen-temen, Ibu, saya sampaikan,” kata Budi Hartono.

“Artinya begini, Bu, masyarakat senang dengan kinerja Ibu, tapi Ibu susurilah seluruh Indonesia. Terutama daerah-daerah yang penduduknya besar, Bu. Seperti Jawa Timur yang dekat tempat Ibu, Jawa Tengah. Jadi Sumatera juga, Bu, Sulawesi, Aceh, tempat Pak Husni. Itu masukan dari masyarakat,” tambahnya.

Baca juga:   Terkait Aksi Main Hakim Sendiri, Komisi III: Diminta Polisi Tegakkan Hukum

Risma sendiri menanggapi dengan tegas perihal aksi blusukannya. Risma mengaku tidak pernah punya niat mencari-cari pemulung. Dirinya hanya ingin membantu pemulung yang tidak punya rumah agar bisa mendapat bantuan.

“Terus terang Bapak-Ibu sekalian, saya kebiasaan berangkat itu Subuh. Saya keluar itu sejak Kepala Dinas Kebersihan. Saya kontrol, Pak, itu, bersih atau nggak. Nah, di situ saya ketemu. Jadi tidak…, demi Allah, saya berani di sumpah dengan Quran, saya tidak pernah niat blusukan atau cari-cari. Itu saya temukan di jalan,” ungkap Risma.

“Saya pengin pemulung-pemulung itu juga dapat bantuan karena selama ini mereka tidak dapat bantuan apa pun. Mereka tidak punya rumah, hanya karena mereka tidak punya alamat mereka tidak dapet bantuan,” tegasnya lagi. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar