Masuki Masa Pensiun, Kapolri Sudah Ajukan Surat Permohonan Penggantinya ke Jokowi

Idham-Azis
Kapolri Jenderal Idham Azis. (foto: jpnn/Ricardo)

harianpijar.com, JAKARTA – Kapolri Jenderal Idham Azis dikabarkan telah mengirimkan surat permohonan penunjukan pengganti dirinya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu dilakukan mengingat Idham Azis akan segera memasuki masa pensiun.

“Kapolri Jenderal Idham Azis menyatakan bahwa dirinya telah mengajukan surat permohonan penunjukan penggantinya kepada Presiden Joko Widodo,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono seperti dilansir dari Antara via detik, Rabu, 6 Januari 2021.

Argo Yuwono mengatakan surat permohonan itu dikirimkan Idham Azis melalui Mensesneg Pratikno. Dalam surat tersebut, Idham Azis tak menyebutkan nama calon penggantinya.

Baca juga:   Tjahjo Kumolo: Saya Ikut Instruksi, Mau Ditugaskan Kemana pun Siap

“(Kapolri) tidak mengajukan nama, hanya menyampaikan (bahwa) akan memasuki masa pensiun 1 Februari 2021,” kata Argo Yuwono.

Sementara itu, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko sebelumnya telah memberi sinyal bahwa Presiden Jokowi sudah mengantongi nama calon Kapolri.

“Ya itu sebenarnya karena ini sesuatu yang rutin ya, prosedurnya sudah ada, tinggal menunggu waktu, siapanya pasti sudah ada,” ujar Moeldoko di kantornya, Jakarta, Senin, 4 Januari 2021.

Baca juga:   Buat Petisi Penuntasan Kasus Laskar FPI, Amien Rais Cs Minta Waktu 25 Menit Bertemu Jokowi

Moeldoko mengatakan semua proses terkait calon Kapolri akan dilaksanakan. Sedangkan soal nama, kata dia, itu urusan terakhir.

“Ini kan mekanismenya jelas, ada usulan, berikutnya DPR akan proses apa… ada di sana, proses pemilihannya, berikutnya nanti keputusannya seperti apa. Saya pikir sampai di situ aja. Nanti nama belakangan gampang itu,” terangnya.

Menurut Moeldoko, Jokowi sudah mempertimbangkan beberapa nama calon Kapolri. “Ya pasti ya sudah, karena kan berkaitan dengan waktu ya,” pungkasnya. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar