Tetap Kinclong Tak Berbekas, Ikuti 7 Cara Membersihkan Kaca Ini

Cara-Membersihkan-Kaca

harianpijar.com – Membersihkan kaca boleh dibilang gampang-gampang susah, namun hal itu merupakan salah satu kegiatan yang harus rutin dilakukan. Pasalnya, jika tak rajin melakukan cara membersihkan kaca, jendela dan bagian rumah berkaca lainnya akan tampak kotor.

Meski demikian, kamu tak boleh sembarangan saat melakukan cara membersihkan kaca. Bila peralatan yang digunakan salah, jangankan bersih, yang ada justru akan meninggalkan bekas goresan pada permukaannya. Karena itu, gunakan peralatan yang tepat, maka kaca yang dibersihkan tentu akan jauh lebih kinclong.

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar kaca kembali kinclong. Yuk, simak langsung di bawah ini:

Hindari cuaca cerah

Kebanyakan orang akan membersihkan kaca saat cuaca sedang cerah dengan anggapan bisa melihat kotoran-kotoran pada kaca. Tahukah kamu hal ini akan merepotkan, sebab suhu panas yang tinggi bisa membuat sabun pembersih kaca cepat kering sehingga bagian yang sudah disemprot tapi belum dibersihkan akan meninggalkan noda tambahan.

Sebaiknya, bersihkan kaca saat cuaca mendung. Dengan begitu sabun tidak cepat kering dan kamu bisa menikmati cara membersihkan kaca tanpa khawatir kaca kembali kotor.

Gunakan air sulingan

Kita tentu tidak ingin ambil pusing dengan air yang digunakan untuk membersihkan benda apapun. Namun untuk membersihkan kaca, itu masalah lain.

Air yang diambil dari keran, biasanya masih mengandung mineral tinggi dan bersifat berat. Agar tidak menggores permukaan kaca, sebaiknya gunakan air hasil penyulingan. Karena, air sulingan tidak memiliki mineral apapun sehingga tidak akan meninggalkan bekas.

Gunakan cuka

Cuka adalah salah satu bahan pembersih yang mudah ditemukan. Harganya pun relatif murah bila dibandingkan dengan pembersih pada umumnya.

Campurkan cuka dan air pada wadah semprotan dengan perbandingan 50:50. Setelah larut, semprotkan pada bagian kaca yang ingin dibersihkan.

Aroma atau bau cuka akan terasa cukup menyengat setelah dibersihkan. Jika tidak cukup kuat dengan aromanya, maka larutan ini dapat menjadi pilihan untuk membersihkan kaca bagian luar rumah.

Hindari banyak busa sabun

Membersihkan kaca dengan menggunakan sabun, akan meninggalkan banyak bekas terlebih bila busa yang dihasilkan cukup banyak. Namun, bukan berarti sabun tidak boleh digunakan untuk membersihkan kaca.

Solusinya, larutkan sedikit sabun ke dalam air. Jangan sampai larutan tersebut mengandung busa yang cukup banyak.

Jangan gunakan paper towel

Handuk kertas tak hanya meninggalkan goresan tetapi juga dapat membuat kusam. Sebagai gantinya, gunakan kain mikrofiber atau alat pembersih lain yang terbuat dari karet.

Cara lain yang tak asing lagi yakni gunakan koran bekas untuk membersihkannya. Jika koran digunakan, maka sebaiknya gunakan sarung tangan agar tinta atau kotoran kertas koran tidak menempel pada tangan.

Bersihkan dari atas ke bawah

Bumi memiliki gravitasi yang membuat zat cair turun ke bawah. Karena itu, ada baiknya bila kamu melakukan cara membersihkan kaca dari atas ke bawah.

Semprotkan sabun pembersih atau cuka pada kaca. Biarkan cairannya mengalir ke bawah sehingga membantumu membersihkan pada area yang belum diselesaikan.

Selain itu, membersihkan kaca dari atas ke bawah membuatmu tidak bekerja ekstra. Bayangkan bila membersihkan kaca kotor dengan arah atas-bawah-bawah-atas atau bolak-balik. Maka kotoran yang sudah diusap ke bawah akan kembali ke atas sehingga kaca kembali kotor.

Gunakan cotton bud untuk sudut yang sulit dijangkau

Kotoran-kotoran kaca yang dibersihkan dari atas ke bawah biasanya mengumpul di sudut-sudut kaca. Sudut-sudut ini terkadang sulit dibersihkan dengan cara membersihkan kaca pada umumnya.

Untuk itu, gunakan cotton bud. Dengan ukurannya yang kecil dan bisa menyerap kotoran ini mampu menyusup ke sudut-sudut tersulit kaca. Semprotkan sabun ke sudut tersebut, pakai ujung cotton bud dan bersihkan sudut kaca hingga bersih.

Demikian artikel cara membersihkan kaca agar kembali kinclong. Sebaiknya lakukan cara-cara di atas paling tidak seminggu sekali agar kacamu terus memiliki penampilan yang prima. Selamat membersihkan kaca, salam!

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA