Ada Risma-Sandiaga Uno, Ini 6 Menteri Baru Presiden Jokowi di Kabinet Indonesia Maju

Presiden-Joko-Widodo-Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto: Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)

harianpijar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan menteri-menteri barunya. Pengumuman yang disampaikan langsung oleh Jokowi itu digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Desember 2020. Ini adalah reshuffle kabinet pertama Jokowi untuk Kabinet Indonesia Maju.

“Bapak, ibu, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan Bapak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Untuk itu, saya akan memperkenalkan satu per satu,” ujar Jokowi.

Dalam reshuffle kabinet kali ini, Jokowi memilih nama-nama baru untuk menjadi pembantunya. Selain itu, Jokowi juga melakukan pergeseran nama lama untuk menjabat posisi baru.

Baca juga:   Presiden Jokowi Akan Hadiri Puncak Acara Kongres NasDem

Beberapa menteri baru Jokowi adalah Tri Rismaharini sebagai Mensos hingga Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Tri Rismaharini menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus dugaan korupsi dana bansos, sedangkan Sakti Wahyu Trenggono menempati posisi Edhy Prabowo yang terjaring kasus dugaan korupsi terkait ekspor benur.

Salah satu nama yang mengejutkan publik adalah Sandiaga Uno. Politikus Partai Gerindra itu menjadi menteri baru Jokowi untuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Kejutan lain adalah Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

Baca juga:   Tanggapi Soal UU Cipta Kerja Salah Ketik, Arteria Dahlan: Saya Curiga Ada Motif Memperkeruh

Total ada 6 menteri baru Jokowi dalam reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju, adapun nama-namanya adalah sebagai berikut:

– Menteri Sosial: Tri Rismaharini
– Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono
– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno
– Menteri Perdagangan: M Lutfhi
– Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas
– Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

. (msy/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini