Sebut Nama Calon Kapolri yang Beredar Putra-Putra Terbaik, Gerindra Soroti 3 Sosok Komjen Ini

Habiburokhman
Habiburokhman. (foto: detik/Ari Saputra)

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Gerindra menanggapi soal beredarnya sejumlah nama calon kapolri (cakapolri) menjelang masa pensiun Kapolri Jenderal Idham Azis pada Januari 2021. Menurut Partai Gerindra, nama-nama yang muncul ke publik itu merupakan putra-putra terbaik Polri.

“Nah saya pikir, apa namanya, saat ini nama-nama yang beredar itu putra-putra terbaik Polri,” ujar Waketum Partai Gerindra Habiburokhman kepada awak media di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 21 Desember 2020.

Habiburokhman secara spesifik menyoroti Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar dan Kabaharkam Komjen Agus Andrianto. Dirinya menilai ketiga komjen itu punya kinerja yang baik.

“Ada Pak Kabareskrim, kita melihat beliau jago selama ini banyak kasus-kasus besar. Termasuk Djoko Tjandra dan lain sebagainya. Kemudian apa namanya, ada Pak Boy, dia juga perform. Ada lagi Pak Agus, bagus,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Habiburokhman pun berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat memilih sosok kapolri yang benar-benar mampu memimpin institusi Polri. Terlebih, di tengah situasi yang belakangan ini sedang bergejolak.

“Tinggal memang kita minta, kita harapkan presiden benar-benar menyeleksi sosok yang mampu memimpin Polri ke depan ini dengan dinamika terakhir ini, banyak gejolak dan lain sebagainya seperti kita saat ini, kita pengin orang yang mampu menyejukkan sosok yang mampu menyejukkan. Kurang lebih begitu,” kata Habiburokhman.

Baca juga:   Fadli Zon Sebut Aspirasi Habib Rizieq Soal Rekonsiliasi Harus Didengarkan

Selain itu, selaku anggota dewan yang membawahi bidang keamanan, Habiburokhman berharap Pimpinan Komisi III proaktif meminta Pimpinan DPR agar diberi kesempatan memproses seleksi cakapolri secepatnya. Begitu juga dengan kinerja polri.

“Sebetulnya dalam keadaan tertentu pimpinan Komisi bisa proaktif meminta kepada pimpinan DPR untuk diberikan kesempatan mulai memproses soal Polri ini. Kan kita ini masuk tanggal 8 atau 11 Januari ya. Waktunya terlalu mepet sebetulnya tapi nggak ada masalah,” ujar Habiburokhman.

“Yang paling penting adalah masalah-masalah terkait kinerja Polri juga, kita berharap bisa digarap di masa reses ini. Misalnya soal penembakan 6 laskar FPI. Soal gejolak-gejolak terkait kerumunan. Bagus sekali apabila bisa dibahas di masa reses dengan mekanisme yang quote and quote khusus itu tadi, pimpinan komisi meminta pada pimpinan DPR,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis akan segera memasuki masa pensiun pada Januari 2021. Menurut catatan IPW ada sejumlah nama yang cocok jadi cakapolri, baik dari anggota yang bertugas di internal dan eksternal Polri.

“Meski komjen yang bertugas di internal Polri lebih berpeluang menjadi Kapolri, para komjen yang bertugas di luar kepolisian juga tetap memiliki peluang yang cukup besar. Misalnya Sutanto, Dai Bachtiar, dan Tito Karnavian masuk menjadi Kapolri setelah bertugas di luar Polri, yakni di BNN dan BNPT,” papar Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam rilis kepada awak media, Senin, 30 November 2020.

Baca juga:   Hari Ini, Presiden Jokowi Panggil Kapolri Terkait Kasus Novel Baswedan

IPW menilai ada tiga komjen dari internal Polri yang berpeluang besar menjadi Kapolri. Mereka adalah Wakapolri Komjen Gatot Edi, yang pernah menjadi Asrena Polri dan Kapolda Metro Jaya serta berpengalaman mengendalikan situasi Jakarta saat Pilpres 2019. Kedua adalah Kabaharkam Komjen Agus Andriyanto, yang pernah bertugas di daerah keras sebagai Kapolda Sumut.

Selanjutnya, IPW juga menilai Kabareskrim Komjen Sigit Listyo, yang pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi dan Kapolda Banten, berpeluang besar menjadi Kapolri. Nama Sigit Listyo belakangan memang bersinar karena kepemimpinannya, termasuk yang menonjol adalah saat dirinya memimpin penangkapan buron kelas kakap Djoko Tjandra.

Di luar Polri sendiri, dikatakan IPW, ada dua nama yang juga punya peluang di bursa calon Kapolri. Mereka adalah Komjen Boy Rafli Amar dan Sestama BIN Komjen Bambang Sunarwibowo. Boy Rafli Amar pernah menjadi Humas Polri, Kapolda Banten, Kapolda Papua, serta Kepala BNPT. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar