Polda Metro Jaya Minta Ketum FPI dan Panglima Laskar Segera Menyerahkan Diri

Yusri-Yunus
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

harianpijar.com, JAKARTA – Dua dari enam tersangka kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, masih belum menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya. Kedua tersangka itu adalah Ketua Umum FPI Ahmad Sobri Lubis dan Panglima Laskar Pembela Islam (LPI) Maman Suryadi.

“Kami juga mengharapkan yang dua lagi sampai dengan saat sekarang ini belum menyerahkan diri untuk segera menyerahkan diri,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada awak media di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu, 13 Desember 2020.

Meski demikian, Yusri Yunus tidak menyebut batas waktu penyerahan diri. Hanya saja dirinya mengingatkan, jika tidak segera menyerahkan diri, polisi akan melakukan penangkapan.

“Secepatnya. Kami akan tangkap,” kata Yusri Yunus.

Sebagaimana diketahui, tiga orang tersangka lain selain Habib Rizieq, yakni Haris Ubaidillah selaku ketua panitia, Ali bin Alwi Alatas selaku sekretaris panitia, dan Habib Idrus selaku kepala seksi acara, telah menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya.

Baca juga:   Polisi Tetapkan 1 Tersangka Baru dalam Kasus Rencana Demo Rusuh

“Tadi pagi sekitar pukul 01.00 WIB, tiga orang dari kelima orang tersebut menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya,” ujar Yusri Yunus kepada awak media, Minggu, 13 Desember 2020.

“Pertama atas nama Haris Ubaidillah sebagai ketua panitia, kemudian kedua atas nama Idrus, ketiga atas nama Ali Alwi Alatas. Ketiga orang tersebut di bawah bersama-sama dengan pengacaranya mendatangi Polda Metro Jaya menyerahkan diri kepada Polda Metro,” imbuhnya.

Namun, kepada tiga orang tersebut, Polda Metro Jaya tidak menahan mereka. Alasannya dikarenakan ancaman hukuman mereka di bawah 5 tahun.

Yusri Yunus mengatakan ketiga tersangka hanya disangkakan Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dengan ancaman satu tahun penjara. Dirinya menyebut, dalam tata cara hukum pidana, ancaman hukuman pidana di bawah 5 tahun penjara tidak bisa ditahan.

Baca juga:   Kapolres Bandara Soetta: Polisi Siapkan Antisipasi Kedatangan Rizieq Shihab

“Kan Pasal 93 kan cuman ancamannya satu tahun, tidak akan ditahan,” ucapnya.

Nasib ketiga orang tersebut berbeda dengan Habib Rizieq Shihab yang menjadi tersangka dan ditahan. Selain pasal kekarantinaan kesehatan, Habib Rizieq dijerat dengan pasal penghasutan dan melawan petugas.

Yusri Yunus mengatakan pihaknya terus memantau kondisi kesehatan Habib Rizieq yang kini telah ditahan di rutan Polda Metro Jaya. Habib Rizieq saat ini dalam keadaan sehat.

“Sampai dengan saat ini, saudara Rizieq Shihab sudah kita tadi malam disampaikan kita lakukan penahanan di Rutan Polda Metro Jaya. Kondisinya sehat, kita masih tetap pantau,” ujar Yusri Yunus. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar