Polda Metro Akan Tangkap Habib Rizieq, Kuasa Hukum Pertanyakan Urgensinya

Aziz-Yanuar
Aziz Yanuar. (foto: detik/Lisye Sri Rahayu)

harianpijar.com, JAKARTA – Pihak kepolisian menegaskan akan tetap menangkap Habib Rizieq Shihab setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kerumunan di Petamburan, Jakpus. Kuasa hukum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar bingung dan mempertanyakan urgensi penangkapan tersebut.

“Prinsipnya, HRS dan lima pihak lain siap untuk diperiksa. Jadi kita agak bingung alasan dan urgensi penangkapan ini,” ujar Aziz Yanuar saat dihubungi awak media, Jumat, 11 Desember 2020.

Aziz Yanuar menilai saat ini Habib Rizieq dan kelima tersangka lainnya harus melewati proses pemanggilan tersangka. Pasalnya, kata dia, pemanggilan yang dilayangkan kepolisian sebelumnya berbeda, karena saat itu Habib Rizieq masih berstatus saksi.

“Dalam panggilan sebelumnya itu, dalam pandangan kami, masih dalam kapasitas sebagai saksi. Saat ini kan (status) tersangka, jadi berbeda,” sebutnya.

Baca juga:   PKS Ajak FPI Cs Oposisi, Pengamat: Berpotensi Destruktif dan Merusak Konstitusi

Aziz Yanuar mengatakan saat itu Habib Rizieq masih dalam tahap pemulihan kesehatan sehingga terpaksa tak menghadiri dua kali panggilan polisi. Menurutnya, kehadiran kuasa hukum ke Polda Metro Jaya untuk meminta surat pemanggilan tersangka sebagai bukti pihaknya kooperatif.

“Beliau (Habib Rizieq) sedang tahap pemulihan dan secara resmi surat sudah kami lampirkan. Jika alasannya tidak kooperatif, saat ini tadi kami sudah ke Polda (Metro Jaya) untuk ambil surat panggilan jika ada untuk mempercepat proses ini,” kata Aziz Yanuar.

Seperti diketahui, Aziz Yanuar siang tadi mendatangi Polda Metro Jaya untuk meminta surat panggilan pemeriksaan tersangka terhadap Habib Rizieq. Polisi mengatakan pihaknya tidak mengeluarkan surat panggilan pemeriksaan tersangka tersebut.

Baca juga:   Soal Pemulangan Rizieq Shihab, Mahfud MD: Dubes Saudi Sebut Ada Nego, Tapi Tidak Dengan Saya

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menegaskan bahwa pihaknya akan menangkap tersangka Habib Rizieq Shihab.

“Polda Metro Jaya dalam hal ini akan melakukan penangkapan kepada MRS. Sekali lagi saya ulangi, Polda Metro Jaya akan melakukan penangkapan kepada MRS,” ujar Yusri Yunus.

Yusri Yunus mengatakan pihaknya mengambil pilihan itu setelah Habib Rizieq dua kali mangkir dari panggilan kepolisian.

“Kemarin sudah dijelaskan ya, Saudara MRS ini, saya tegaskan lagi, panggilan saksi pertama tidak datang, panggilan saksi kedua tidak datang,” pungkasnya. (msy/det)

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar