Kuasa Hukum: Habib Rizieq Tidak Sakit Jadi Tak Ada Suratnya, Makanya Kita Katakan Pemulihan

Rizieq-Shihab
Rizieq Shihab. (foto: AFP/POOL/RAISAN AL FARISI)

harianpijar.com, JAKARTA – Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab sudah dua kali mangkir dari panggilan penyidik hingga akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Dari dua panggilan itu, Habib Rizieq beralasan tidak dapat hadir lantaran tengah dalam pemulihan.

Namun, penyidik menilai alasan itu tak patut dan tak wajar karena tidak menyertakan surat keterangan dari dokter. Kuasa hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar, mengatakan bahwa kliennya tidak sedang sakit, sehingga tidak ada surat sakitnya.

“Saya luruskan Habib Rizieq tidak sakit, jadi tidak ada surat sakitnya. Itu kan kebohongan kalau misalkan saya bilang sedang sakit dan ada surat sakitnya kan. Makanya kita katakan sedang pemulihan, dokternya mengatakan demikian,” ujar Aziz Yanuar kepada awak media di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat, 11 Desember 2020.

Baca juga:   Jaksa Agung: Kejati Jabar Baru Terima SPDP Kasus Pelecehan Pancasila Oleh Rizieq Shihab

Aziz Yanuar bersikukuh Habib Rizieq masih dalam tahap pemulihan sehingga tidak perlu menyertakan surat keterangan dari dokter.

“Kan surat pemulihan itu kan tidak ada, sepengetahuan saya ya karena dokternya tidak mau mengeluarkan surat pemulihan, makanya kita jelaskan seperti itu,” kata Aziz Yanuar.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah mengultimatum akan menangkap Habib Rizieq usai ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kerumunan di Petamburan. Pihak Habib Rizieq memastikan siap diperiksa jika polisi mengirimkan surat panggilan sebagai tersangka terlebih dahulu.

“Kan menangkap itu kan ada suratnya. Kan ada panggilan surat kan untuk diperiksa (tapi) tidak datang. Makanya kita ambil sekarang, kapan waktunya kita insyaallah akan penuhi,” ujar Aziz Yanuar.

Baca juga:   Polda Metro Jaya: Polisi Selidiki Dugaan Visa Khusus Yang Dipakai Rizieq Shihab

Menurut Aziz Yanuar, kedatangannya hari ini ke Polda Metro Jaya sebagai langkah proaktif pihaknya terkait penetapan tersangka Habib Rizieq dan lima tersangka lainnya. Sebelum polisi melakukan penangkapan, kata dia, pihaknya berkoordinasi untuk mengambil surat panggilan tersebut.

“Kan panggilannya sebagai tersangka untuk pemeriksaan belum ada. Makanya kita proaktif sebelum dikirimkan, sebelum polisi repot-repot datang gitu kita akan datang ke sini,” ucapnya.

Saat ditanya apakah Habib Rizieq siap diperiksa sebagai tersangka, Aziz Yanuar menjawab, “Insyaallah akan kita penuhi.” (nuch/det)

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar