Muhammadiyah Soal Habib Rizieq Tempuh Jalur Hukum Terkait 6 Laskar Tewas: Langkah Elegan

Abdul-Mu'ti
Abdul Mu'ti. (foto: dok. iNews)

harianpijar.com, JAKARTA – Habib Rizieq Shihab meminta para pendukung sabar dan mengikuti proses hukum dalam mengusut tewasnya 6 laskar Front Pembela Islam (FPI). PP Muhammadiyah menilai menempuh jalur hukum merupakan langkah penyelesaian yang elegan.

“Langkah hukum adalah penyelesaian yang elegan,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti kepada awak media, Rabu, 9 Desember 2020.

Abdul Mu’ti meminta masyarakat tetap sabar dan tenang. Serta tak mengambil kesimpulan bahwa polisi bersalah dalam kasus penembakan ini.

“Meskipun demikian, masyarakat hendaknya tetap bersabar dan tenang serta tidak mengambil kesimpulan bahwa polisi bersalah sebelum ada pembuktian oleh aparatur yang berwenang,” ucapnya.

Baca juga:   Soal Perpanjangan SKT FPI, Pengamat: Pemerintah Diminta Tegas dan Jangan Melunak

Lebih lanjut, Abdul Mu’ti menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) perlu mempertimbangkan aspirasi masyarakat untuk membentuk tim independen dalam penyelidikan kasus ini. Menurutnya, pengungkapan kasus ini tidak perlu terburu-buru.

“Presiden perlu mengkaji dan merespon aspirasi berbagai pihak untuk pembentukan tim independen. Walaupun hal itu tidak harus terburu-buru. Presiden perlu mendengar laporan dari pihak kepolisian, khususnya Kapolri terkait peristiwa meninggalnya anggota FPI,” sebutnya.

Selain itu, dikatakan Abdul Mu’ti, proses penyelidikan kasus yang menewaskan 6 laskar FPI ini harus profesional. Dirinya menyebut jika ada polisi yang bersalah, maka harus dihukum setimpal.

Baca juga:   Di Lampung, Ancam Kapolri Jadi Adonan Pempek Pengagum Rizieq Shihab Ditangkap Polisi

“Proses penyelidikan harus profesional, terbuka, dan obyektif. Jika memang ada anggota polisi yang terbukti melanggar harus ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku,” ujar Abdul Mu’ti.

Sebelumnya, Habib Rizieq meminta pendukung untuk sabar dan menahan diri. Dirinya mengatakan pihaknya akan menempuh prosedur hukum.

“Maka itu, saya minta kepada seluruh rakyat dan bangsa Indonesia, tahan diri, sabar, kita hadapi dengan elegan, kita tempuh prosedur hukum yang ada, karena kalau prosedur hukum ini ditempuh dengan baik, insyaallah semua akan terbongkar,” ujar Habib Rizieq dalam rekaman audio, Rabu, 9 Desember 2020. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar