Mahfud-MD
Mahfud MD. (foto: detik/Grandyos Zafna)

harianpijar.com, JAKARTA – Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menilai TNI sekarang terlihat seperti saat era Orde Baru. Menanggapi hal itu, Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan bahwa setiap orang berhak menilai dan mengkritik.

“Terserah saja Pak Gatot Nurmantyo bilang begitu. Setiap orang boleh menilai, kemudian mengritik. Ini demokrasi, kritik tak boleh dibungkam selama tak melanggar hukum,” ujar Mahfud MD kepada detik, Sabtu, 5 Desember 2020.

Menurut Mahfud MD, kritik yang masuk juga berhak mendapat penilaian balik. Dirinya menyebut pemerintah punya hak menilai kritik, termasuk kritik dari Gatot Nurmantyo.

Baca juga:   Gubernur Lukas Enembe Minta TNI-Polri Tak Tangkap Masyarakat Papua yang Gelar Aksi Demo

“Tapi jangan lalu berpikir bahwa pemerintah tidak boleh menjawab kritik, kita juga punya hak menilai balik setiap penilaian,” ucapnya.

Mahfud MD mengatakan setiap kritik yang masuk sama halnya seperti vitamin demokrasi. Menurutnya, kritik yang benar akan diakomodasi, sedangkan yang salah akan dibantah dan diabaikan.

“Kritik merupakan vitaminnya demokrasi. Kritik ada yang benar dan ada yang salah. Yang benar kita akomodasi, yang salah kita bantah dan abaikan,” kata Mahfud MD.

Sebelumnya, Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Gatot Nurmantyo mengungkapkan penilaiannya mengenai kinerja TNI. Dirinya menilai TNI kini terlihat seperti era Orde Baru.

Baca juga:   Di Hadapan Anggota Pansus, Mahfud MD: KPK Tidak Bisa Diawasi dengan Angket

“Kalau kita melihat perkembangan situasi yang terjadi akhir-akhir ini ada warning, peringatan, bahwa TNI telah terlihat menjadi seperti pada tahun Orde Baru yang lalu,” ujar Gatot Nurmantyo saat menjadi pembicara dalam webinar yang digelar KAMI, Jumat, 4 Desember 2020.

Gatot Nurmantyo pun meminta semua pihak untuk menjaga profesionalisme TNI. “Menjaga profesionalisme TNI bukan tanggung jawab TNI, tapi seluruh komponen bangsa,” tukasnya. (msy/det)

BERITA PILIHAN

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar