cara-menggosok-gigi-dengan-benar

harianpijar.com – Anda mungkin sudah sering mendengar anjuran pentingnya menyikat gigi setiap hari. Selain harus rajin menggosok gigi, Anda juga perlu menerapkan cara menggosok gigi dengan benar.

Tapi, tahukah Anda teknik menyikat gigi yang salah justru berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, pentingnya untuk mengetahui cara menggosok gigi dengan benar.

Namun sebelum itu, pastikan sikat gigi yang digunakan memiliki bulu sikat yang lembut dengan kepala sikat yang sesuai dengan ukuran mulut Anda. Usahakan juga menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu mencegah kerusakan gigi dan masalah gigi berlubang.

Agar terhindar dari berbagai masalah gigi dan mulut, terapkan cara menggosok gigi dengan benar yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini:

1. Mulai dari seluruh geraham

Basahi sikat gigi dan oleskan pasta gigi secukupnya, gosok bagian luar gigi geraham pada perbatasan gusi dan gigi dengan gerakan memutar sekitar 20 detik.

Lanjutkan dengan gosok gigi geraham dari atas ke bawah, mulai dari batas gusi hingga ujung gigi, untuk menghilangkan plak dan sisa makanan di permukaan dan sela-sela gigi. Lakukan selama 20 detik.

Lakukan kedua gerakan itu pada semua bagian luar gigi geraham, baik sisi atas maupun bawah. Setelah itu, ulangi langkah yang sama pada bagian dalam gigi geraham.

2. Ke gigi bagian depan

Setelah seluruh gigi geraham selesai disikat, arahkan sikat ke gigi depan bagian luar. Gerakkan sikat gigi secara melingkar dan perlahan hingga semua permukaan gigi depan terkena, agar sisa makanan dan plak yang menempel dapat tersapu.

Kemudian, gosok bagian dalamnya dengan gerakan vertikal (ke atas dan ke bawah), baik pada deretan yang atas maupun bawah. Ulangi cara ini sebanyak 2–3 kali pada masing-masing sisi.

3. Permukaan mengunyah

Permukaan mengunyah gigi geraham ukurannya lebar dan sedikit cekung, sehingga memungkinkan sisa makanan menempel. Gosok permukaan gigi ini dengan gerakan memutar supaya sisa-sisa makanan bisa terangkat.

4. Lidah dan sisi dalam pipi

Setelah semua gigi tersikat, lanjutkan menyikat permukaan lidah dan sisi dalam pipi dengan sikat gigi atau sikat lidah secara lembut. Sebab, sisa makanan dan bakteri penyebab bau mulut mungkin menempel pada area ini.

5. Bersihkan sela gigi dengan benang gigi

Untuk hasil yang maksimal, Anda disarankan membersihkan gigi menggunakan benang gigi. Benang gigi mampu mengangkat sisa makanan yang mungkin masih terselip di sela-sela gigi yang sempit dan tidak terjangkau sikat gigi.

Lantas, bagaimana cara mengetahui gigi sudah bersih setelah disikat?

Setelah menggosok gigi, untuk mengetahui jika gigi telah bersih adalah dengan merasakan gigi sendiri. Caranya mudah, cukup raba gigi dengan lidah, apakah sudah halus atau belum.

Permukaan gigi yang halus artinya gigi sudah bersih. Namun, jika permukaan gigi masih terasa kasar, itu berarti masih ada sisa plak yang menempel pada gigi. Untuk itu, pastikan seluruh permukaan gigi sudah benar-benar tersikat.

Bersihkan lidah setelah menggosok gigi

Setelah menggosok gigi dengan cara yang benar, jangan lupa membersihkan lidah. Pasalnya, membersihkan lidah penting dilakukan untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

Anda bisa menyikat lidah dengan sikat gigi biasa atau menggunakan sikat lidah yang sudah banyak dijual di pasaran. Namun, jika menggunakan sikat gigi, pastikan bagian belakang sikatnya ada sisi karet yang bertekstur bergelombang. Karena, bagian belakang sikat gigi ini memang sengaja didesain bergerigi untuk membersihkan lidah.

Sikat lidah dari pangkal lidah yang paling dalam dan tarik perlahan ke depan dalam satu gerakan. Ulangi cara ini sebanyak 2-3 kali atau sampai Anda merasa lidah benar-benar bersih. Bersihkan juga samping lidah dengan cara yang sama lalu berkumur dengan air bersih.

Idealnya membersihkan lidah dilakukan setiap kali setelah sikat gigi di pagi dan malam hari. Namun, jika Anda tak memiliki banyak waktu untuk melakukannya, cukup membersihkan lidah satu hari sekali pada pagi hari.

BERITA PILIHAN

BACA JUGA