Polda-Metro-Laskar-FPI
Penyidik Polda Metro Jaya hendak antar surat panggilan ke Habib Rizieq sempat dihalang-halangi laskar FPI. (foto: dok. detik)

harianpijar.com, JAKARTA – Penyidik Polda Metro Jaya sempat dihalang-halangi oleh laskar dari Front Pembela Islam (FPI) saat hendak mengirimkan surat panggilan kedua untuk Habib Rizieq Syihab di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat. Dialog alot sempat terjadi antara penyidik dan laskar.

Sekira 25 menit kemudian, salah seorang penyidik, Kompol Fadilah, akhirnya diperbolehkan masuk untuk mengantarkan surat kepada Habib Rizieq. Surat panggilan itu telah diterima oleh pihak keluarga Habib Rizieq.

“Kami alhamdulillah diterima dengan baik, karena beliau juga warga negara yang baik, kemudian menerima kami. Karena ada satu hal nanti saya balik lagi,” kata Fadilah kepada awak media di lokasi, Rabu, 2 Desember 2020.

Menurut Fadilah, surat panggilan sudah diterima oleh pihak keluarga. Fadilah menyebut tidak ada Habib Rizieq saat dirinya mengantarkan surat panggilan tersebut.

“Iya (sudah diterima). Nggak ada (Habib Rizieq),” ungkapnya.

Baca juga:   Polda Metro Jaya: Ahli Telematika Sebut Foto Porno di 'baladacintarizieq' Asli Bukan Rekayasa

Kendati demikian, Fadilah mengatakan pihaknya belum mendapat jawaban apakah Habib Rizieq akan hadir dalam panggilan kedua itu. “Belum, belum dapat jawaban itu,” imbuhnya.

Fadilah mengatakan pihaknya akan kembali lagi ke rumah Habib Rizieq selepas Zuhur. Namun, dirinya tidak menjelaskan tujuannya untuk apa.

“Nanti saya balik abis salat Zuhur,” ujar Fadilah.

Sebelumnya, penyidik Polda Metro Jaya mendatangi rumah Habib Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat, pada pukul 11.00 WIB tadi. Penyidik datang untuk mengantarkan surat panggilan kedua kepada Habib Rizieq.

Namun upaya penyidik itu sempat dihalang-halangi oleh laskar FPI. Polisi sempat berdialog alot dengan laskar FPI.

Salah seorang penyidik menjelaskan tujuannya datang adalah untuk mengirimkan surat panggilan kedua karena Habib Rizieq tak datang memenuhi panggilan pertama pada Selasa, 1 Desember 2020 kemarin.

“Ini surat kemarin habib kita undang, kemudian dari tim lawyer minta bantuan kami nih Bang Fadilah (Kompol Fadilah) tolong minta waktu karena beliau tetep hadir, kita kabulkan nih, kita schedule-kan supaya formilnya dapet ya,” jelas seorang penyidik.

Baca juga:   Polda Metro Siap Amankan Jalur Raja Salman Ke Bandara Halim

Kemudian, seorang anggota laskar mengatakan pihaknya akan mengambil foto dokumen surat panggilan polisi saja dengan alasan sesuai arahan pengacara.

“Arahan dari tim pengacara diterima tapi difoto, arahan dari pengacara,” tuturnya.

Penyidik berkeras hendak mengantarkan surat panggilan ke keluarga. Akan tetapi laskar FPI tetap tidak membuka akses.

“Ini cuman kita foto aja Pak, simbolis,” ujar laskar lagi.

Diketahui, Habib Rizieq tidak memenuhi panggilan polisi untuk diperiksa di Polda Metro Jaya pada Selasa kemarin. Polisi lalu menyiapkan panggilan kedua untuk Habib Rizieq.

Selain Habib Rizieq, menantunya, Hanif Alatas, juga ditunggu oleh penyidik. Keduanya akan dipanggil kembali pada Kamis, 3 Desember 2020, jika hingga malam ini tak hadiri pemeriksaan. (msy/det)

BERITA PILIHAN

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar