Anies-Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

harianpijar.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan bahwa dirinya positif virus Corona atau COVID-19. Anies Baswedan mengaku sengaja mengumumkan hal itu di hari pertama.

“Hasil tes PCR saya menyatakan bahwa saya positif COVID-19. Saya memilih untuk mengumumkan pada kesempatan pertama pagi hari ini,” ujar Anies Baswedan dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram-nya, Selasa, 1 Desember 2020.

Anies Baswedan mengungkap alasan pengumuman langsung itu. Dirinya lalu membandingkan pengumuman ini dengan penanganan COVID-19 di DKI Jakarta yang dilakukan secara transparan.

“Sebagaimana kita selalu melakukan dalam penanganan COVID sejak burat Maret yang lalu kita selalu sampaikan apa adanya transparan, tidak ditambah, tidak dikurangi, dan diberikan secara lengkap menyangkut kebijakan kita terbuka, kita transparan, begitu juga ketika menyangkut situasi yang saya hadapi pada hari ini,” terangnya.

Baca juga:   Din Syamsuddin Ingatkan Anies-Sandi untuk Tak Malu Lanjutkan Program Gubernur Sebelumnya

Anies Baswedan mengatakan sengaja menyampaikan dirinya terpapar COVID-19 guna memudahkan penelusuran kontak. Anies Baswedan juga meminta pihak yang pernah berinteraksi dengannya agar melakukan isolasi mandiri dan tes swab.

“Saya menyampaikan ini agar semua orang yang berinteraksi dengan saya selama beberapa hari terakhir ini bisa langsung melakukan langkah yang dilakukan seperti isolasi mandiri atau tes usap PCR,” ungkapnya.

Selain itu, Anies Baswedan juga meminta orang yang bertemu dengannya dalam beberapa hari terakhir agar langsung menghubungi puskesmas terdekat. Dinas Kesehatan DKI Jakarta, kata dia, akan mendata pihak yang pernah melakukan kontak erat dengan dirinya.

Baca juga:   Cegah Penyebaran Corona, Sidang Perdana Kasus Penusukan Wiranto Digelar Secara Virtual

“Bagi siapa pun yang pernah bertemu saya beberapa hari ini silakan langsung hubungi puskesmas terdekat untuk menjalani tes usap. Dan tim tracing dari Dinkes juga akan mendata akan dicatat semua akan dihubungi semua kontak erat dan semua prosedur terkait akan dijalankan,” kata Anies Baswedan.

Sebelumnya, pihak Pemprov DKI Jakarta menyampaikan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan positif COVID-19.

“Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengkonfirmasi bahwa dirinya dinyatakan positif terpapar virus COVID-19,” demikian kabar yang disampaikan Pemprov DKI Jakarta melalui situs PPID Jakarta, Selasa, 1 Desember 2020. (nuch/det)

BERITA PILIHAN

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar