Laporan-Keuangan
Ilustrasi laporan keuangan.

harianpijar.com – Catatan keuangan adalah satu hal paling penting dalam berbisnis. Bagi Anda yang sedang berbisnis, penting untuk membangun perencanaan bisnis Anda agar tetap bisa bertahan dengan adanya naik-turun arus penjualan.

Sehingga, bisnis yang Anda rintis dapat terus bertahan dan bahkan berkembang. Untuk itu, perkembangan ini perlu perencanaan matang agar bisnis Anda dapat berkembang dengan pasti.

Cara membuat catatan keuangan dengan baik

Terdapat beberapa manfaat memiliki catatan keuangan bagi usaha yang Anda miliki, yaitu dapat memonitoring bisnis usaha secara lebih maksimal, dapat mengetahui jelas kondisi finansial yang dimiliki bisnis yang dikelola, dapat menentukan strategi yang tepat untuk melakukan pengembangan dana, mempersiapkan masa depan bisnis dengan kondisi finansial yang lebih baik.

Catatan keuangan harus dibuat dengan format yang benar agar tidak membingungkan. Untuk menyusun laporan keuangan yang baik dan benar, diperlukan beberapa aspek yang mendukung agar dapat sampai pada tahap kebebasan finansial di masa depan.

Bagi sebagian orang mungkin menganggap bahwa catatan keuangan hanya diperlukan bagi mereka yang memiliki perusahaan besar maupun bisnis yang sudah menggurita. Padahal, laporan keuangan ini perlu disusun sejak dini untuk mengontrol keuangan agar tetap stabil.

Adapun tips atau cara-cara untuk membuat laporan keuangan yang baik adalah sebagai berikut:

1. Merekap jumlah pendapatan

Pastikan Anda merekap jumlah pendapatan yang Anda dapatkan setiap bulannya. Pendapatan ini berarti pendapatan bulanan bersih yang didapat, gaji karyawan, dan pendapatan tambahan lainnya.

2. Catatkan rincian pengeluaran setiap bulan

Setiap pengeluaran yang ada, harus dicatatkan secara rinci setiap bulannya, baik biaya pengeluaran listrik, air, internet, pulsa, maupun segala bentuk cicilan pembayaran hutang dan lain sebagainya. Lalu, kurangi dengan penghasilan pendapatan yang telah Anda rekap sebelumnya.

3. Batasi pengeluaran bulanan

Anda perlu membuat batasan pasti atas pengeluaran bulanan yang dibuat. Berikan nominal pasti yang sudah ditetapkan. Hal ini dilakukan agar dapat melakukan penghitungan yang stabil setiap bulannya dan terhindar dari keborosan keuangan.

4. Sisihkan dana sebagai modal pengembangan usaha

Sisihkan setidaknya 20%-30% pendapatan sebagai dana pengembangan usaha melalui berbagai macam cara maupun instrumen. Pastikan instrumen pengembangan dana yang Anda pilih memiliki kemudahan, keamanan dan keuntungan yang jelas dan pasti.

Catatan keuangan memiliki peran penting dalam pengembangan suatu usaha. Termasuk bagi Anda yang berbisnis secara online, misalnya sebagai mitra bukalapak.

Memiliki catatan keuangan yang baik akan memudahkan Anda memonitoring bisnis yang Anda jalankan. Anda dapat membuat laporan keuangan dengan baik tanpa perlu bersusah payah dengan menggunakan aplikasi BukuKas. Aplikasi ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan format yang baik sehingga mudah untuk Anda gunakan dan pahami. Salam.

BERITA PILIHAN

BACA JUGA