Ahmad-Riza-Patria
Ahmad Riza Patria. (foto: detik/Ilham)

harianpijar.com, JAKARTA – Jemaah yang datang di acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putri Habib Rizieq Syihab yang digelar kemarin malam tampak berkerumun tanpa menjaga jarak. Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap kerumunan itu menjadi yang terakhir di masa PSBB transisi.

“Kita harapkan ini adalah kejadian yang terakhir di Jakarta. Kami sudah meminta juga para habib, para ulama, tokoh agama, ustaz, pimpinan majelis taklim dan sebagainya agar maulid yang dilaksanakan itu karena maulid itu dalam rangka menyempurnakan akhlak ya,” ujar Ahmad Riza Patria kepada detik, Minggu, 15 November 2020.

Ahmad Riza Patria mengatakan sejatinya para jemaah dalam acara maulid Nabi Muhammad SAW bisa turut meneladani sifat nabi dengan menyempurnakan akhlak. Menurutnya, dalam konteks penyempurnaan akhlak itu, para jemaah bisa menggunakan berbagai cara salah satunya patuh dan taat pada protokol kesehatan.

Baca juga:   Djarot: PTUN Kuatkan Keputusan Presiden Jokowi Soal Status Ahok

“Rasulullah hadir di muka bumi tugasnya adalah membantu menyempurnakan akhlak ya, mudah-mudahan kita semua jemaah, warga, bisa memberikan teladan dengan melaksanakan apa yang menjadi tugas daripada Rasulullah, bentuk kecintaan kita kepada Rasulullah ya. Mari kita sempurnakan akhlak kita dengan cara apa?,” tutur Ahmad Riza Patria.

“Dengan cara di masa pandemi ini dengan cara patuh dan taat pada protokol kesehatan, meningkatkan kebersihan, meningkatkan kesehatan kita, kekebalan tubuh dan sebagainya, itu cara kita,” imbuhnya.

Ahmad Riza Patria pun meminta agar peringatan acara besar yang mengundang banyak massa tidak lagi dilaksanakan. Pihak penyelenggara, kata dia, bisa menggunakan cara alternatif di masa pandemi dengan menggelar secara online.

“Kemudian juga kegiatan-kegiatan maulid juga kita minta tidak lagi dilaksanakan dengan cara menghadirkan jemaah sebanyak mungkin. Jadi ukuran keberhasilan kita melaksanakan maulid bukan dari jumlah jemaah yang hadir tapi sejauh mana jemaah bisa meneladani Rasulullah SAW itu ukurannya dan dapat dilakukan secara daring atau zoom atau online secara virtual,” kata Ahmad Riza Patria.

Baca juga:   Habib Rizieq Ceramah Sebut Kata 'Lonte', MUI Jabar Serahkan Penilaian ke Masyarakat

Seperti diketahui, acara Maulid Nabi Muhammad SAW di tempat Habib Rizieq telah berlangsung tadi malam. Massa yang hadir pun membeludak.

Berdasarkan pantauan awak media, Sabtu, 14 November 2020, sekira pukul 23.55 WIB di Petamburan, Jakarta Pusat, massa terus berdatangan ke lokasi. Massa yang terus berdatangan membuat kerumunan semakin padat.

Tampak massa yang hadir dalam acara Maulid di tempat Habib Rizieq ini tak menghiraukan aturan jaga jarak sesuai protokol kesehatan COVID-19. Banyak yang memakai masker, tetapi ada juga massa yang menggunakan masker hanya di dagu saja. (nuch/det)

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar