Ahmad-Basarah
Ahmad Basarah. (foto: detik/Nur Indah Fatmawati)

harianpijar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan khusus kepada calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelang pelaksanaan debat Pilkada Solo malam ini. Terkait hal itu, PDIP menyatakan pesan tersebut diberikan Jokowi bukan sebagai presiden, namun sebagai seorang ayah kepada anaknya.

“(Pesan yang diberikan Jokowi) bukan sebagai Presiden, Jokowi memberikan ilmunya kepada Gibran tetapi sebagai ayah dan seniornya di PDIP,” ujar Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah kepada awak media, Jumat, 6 November 2020.

Menurut Ahmad Basarah, pesan Jokowi kepada Gibran Rakabuming Raka juga diberikan dalam posisi Jokowi sebagai kader dan politikus senior di PDIP. Pasalnya, sebagai seorang presiden, Jokowi harus netral kepada semua calon kepala daerah.

“Pesan khusus sebagai sesama kader pejuang politik yang senior kepada juniornya juga, bukan sebagai presiden. Karena dalam kapasitas sebagai presiden, Jokowi harus netral kepada semua kontestan Pilkada” ucapnya.

Baca juga:   Tanggapi Evaluasi ICW, Agun: Pansus Akan Terus Bekerja

Ahmad Basarah mengatakan, selain mendapat bekal ilmu dari Sekolah Partai DPP PDIP, Gibran Rakabuming Raka juga akan belajar langsung dari Jokowi sebagai ayahnya. Terlebih, Jokowi sudah memiliki banyak pengalaman dalam pelaksanaan pilkada dan pilpres.

“Kemarin sudah saya nyatakan bahwa selain mendapat bekal dari Sekolah Partai DPP PDIP untuk para cakada/cawakada 2020, Gibran juga pasti akan belajar langsung dari ayahnya, yang punya pengalaman dua kali debat Pilkada Solo dan dua kali debat pilpres,” jelasnya.

Selanjutnya, Ahmad Basarah menilai Jokowi tidak akan melepaskan Gibran Rakabuming Raka tanpa arahan dalam menuju perhelatan Pilkada 2020. Jokowi, kata dia, akan memberikan ilmu dan pengalamannya dalam kontestasi pilkada kepada Gibran Rakabuming Raka.

“Dengan penjelasan Gibran bahwa dia sudah mendapat arahan langsung Jokowi mengkonfirmasi prediksi saya bahwa Jokowi tidak mungkin melepas begitu saja perjuangan Gibran dalam Pilkada Solo. Jokowi pasti akan memberikan ilmu dan pengalamannya ketika ikut kontestasi Pilkada Solo, Pilkada DKI Jakarta dan Pilpres,” kata Ahmad Basarah.

Baca juga:   Masinton: Revisi UU KPK Perlu agar Relevan dengan Kebutuhan Zaman

Sebagaimana diketahui, menjelang debat Pilkada Solo, calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapatkan pesan khusus dari ayahnya, Presiden Jokowi. Pesan itu disampaikan Jokowi melalui sambungan telepon tadi malam.

“Sudah kemarin malem (telepon dengan ayahnya, Presiden Jokowi). (Pesannya) santai saja, nggak usah tegang,” ujar Gibran Rakabuming Raka di sela-sela blusukan bersama Ganjar Pranowo di Pasar Klitikan Notoharjo, Kota Solo, Jumat, 6 November 2020.

Gibran Rakabuming Raka mengaku siap menghadapi debat perdana. Dirinya juga telah melakukan simulasi debat sebanyak tiga kali.

“Nggak ada persiapan khusus. Simulasi debat sudah tiga kali, terakhir kemarin,” pungkasnya. (nuch/det)

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar